Modul Vitruvian

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Berkas:IWarePalladio1738Doric.jpg
Ordo Doria, dalam buku karya Isaac Ware, 'Empat Buku Arsitektur Andrea Palladio', London 1738.

Modul (bahasa Latin "modulus", berarti "ukuran") adalah istilah yang digunakan di antara Arsitek Romawi, sesuai dengan semidiameter dari kolom yang menjadi dasarnya. Istilah ini pertama kali ditetapkan oleh Vitruvius (buku iv.3), dan dilakukan oleh arsitek Renaisans Italia untuk menentukan proporsi relatif dari berbagai bagian dalam arsitektur Ordo klasik. Modul ini dibagi menjadi tiga puluh bagian oleh para ahli teori abad ke-16, yang disebut menit, memungkinkan ketelitian yang jauh lebih besar daripada yang dianggap perlu oleh Vitruvius, yang pembagiannya biasanya hanya enam bagian.

Ketika menggambarkan Palladio, arsitek Inggris Isaac Ware (Empat Buku Arsitektur Andrea Palladio, London 1738; ilustrasi, kanan) menggambarkan Ordo Doria sebagai latihan dalam konstruksi modular. Modul yang ia pilih adalah diameter kolom penuh yang diambil dari bagian dasarnya. Dia mengatur kolomnya, setinggi 15 modul, dengan jarak antar kolom 5½ modul. Arkitraf dan dekorasi-nya, tanpa cornice, sama dengan satu modul.

Kecenderungan dalam pelatihan arsitektur Beaux-Arts serupa dengan mengadopsi seluruh diameter kolom sebagai modul ketika menentukan ketinggian kolom atau entablature atau salah satu dari sub-divisi mereka.

Dengan demikian maka modul dapat diperluas maknanya sebagai bagian dari kesatuan yang menunjukkan unit pengukuran untuk keseluruhan. Misalnya dalam dunia pendidikan, pelajaran dapat dibagi menjadi beberapa modul.

Referensi[sunting | sunting sumber]