Mobilisasi Prancis 1914

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pamflet perintah mobilisasi yang berasal dari tanggal 2 Agustus 1914.

Mobilisasi Prancis 1914 adalah operasi yang dilancarkan pada permulaan Perang Dunia I untuk mempersiapkan Angkatan Darat dan Angkatan Laut Prancis agar siap berperang melawan Blok Sentral. Mobilisasi ini sudah direncanakan dari jauh-jauh hari dan mempengaruhi setiap laki-laki berdasarkan usia dan tempat tinggalnya.

Mobilisasi ini dilancarkan setelah Kekaisaran Jerman melakukan hal tersebut terlebih dahulu. Proses mobilisasi Prancis berlangsung selama 17 hari dari tanggal 2 hingga 18 Agustus 1914. Operasi ini melibatkan pengangkutan, pengenaan busana, pemberian perlengkapan dan pemersenjataan lebih dari tiga juta laki-laki di seluruh wilayah Prancis, termasuk koloni-koloninya. Kemudian, mereka diangkut dengan menggunakan kereta api ke wilayah perbatasan dengan Jerman dan Belgia.

Operasi ini berdampak secara politik (munculnya pergerakan "union sacrée"), sosio-ekonomik (akibat keberangkatan banyak sekali laki-laki muda), dan militer (dimulainya Pertempuran Perbatasan). Tercatat terdapat 3.780.000 orang yang dimobilisasi pada Agustus 1914; secara keseluruhan, terdapat 8.410.000 pasukan dan marinir Prancis yanf dimobilisasi.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • R. d'Arman, La Garde à la frontière: L'armée française en face de l'armée allemande, suivi de l'examen de la situation actuelle présenté par M. le général Pau, Paris, Éditions et Librairie, 1913.
  • Joseph Joffre, 1914-1915: La préparation de la guerre et la conduite des opérations, Paris, E. Chiron, 1920.