Miyamairi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menghadiri sebuah miyamairi di sebuah kuil di Tokyo

Miyamairi (宮参り, secara harfiah "mengunjungi kuil") adalah ritus peralihan Shinto tradisional di Jepang untuk bayi yang baru lahir. Kira-kira satu bulan setelah kelahiran (31 hari untuk anak laki-laki dan 33 hari untuk anak perempuan[1]), orang tua dan kakek-nenek membawa anak itu ke kuil Shinto, untuk mengungkapkan rasa terima kasih kepada dewa atas kelahiran bayi dan meminta pendeta kuil berdoa untuknya. kesehatan dan kebahagiaan. Prakteknya mirip dengan baptisan bayi Kristen.

Saat ini, sebagian besar Miyamairi dipraktekkan antara satu bulan dan 100 hari setelah kelahiran. Di kuil-kuil terkenal dan sibuk, upacara diadakan setiap jam, sering kali selama akhir pekan. Sekelompok selusin bayi dan keluarga mereka biasanya dibawa ke aula, satu demi satu kelompok. Seorang pendeta Shinto yang mengenakan kostum dan tutup kepala muncul di antara kelompok dan altar, membacakan doa dan mengayunkan tamagushi ke kanan dan kiri. Selama doa, pendeta menyebutkan nama bayi, nama orang tua, alamat keluarga, dan tanggal lahir bayi. Setelah itu, orang tua dan kakek-nenek maju satu per satu, membungkuk ke altar, dan meletakkan tamagushi di atasnya.

Di akhir upacara, sake dalam cangkir kayu merah diberikan kepada setiap orang yang hadir; hadiah kecil sering diberikan kepada keluarga.

Sebuah kuil biasanya mengenakan biaya antara ¥5,000 dan ¥10,000 per bayi untuk upacara ini.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alice Mabel Bacon, "Japanese Girls and women" revised and enlarged edition, Boston and New York, Houghton Mifflin Company, The Riverside Press Cambridge, 1902

Pranala luar[sunting | sunting sumber]