Missoni

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Angela Missoni, Women's World Awards 2009 a
Missoni
Pribadi
Industrifashion
DidirikanGallarate, Lombardy (1953)
PendiriOttavio dan Rosita Missoni
Kantor
pusat
,
Italy
Cabang
20 countries
Wilayah operasi
worldwide
Tokoh
kunci
Angela Missoni
Luca Missoni
Produkknitwear, leather, cotton
Jasafashion retail
Pendapatan€67.3 million (2012)
PemilikKeluarga Missoni
IndukPPR
Divisi
  • Missoni
  • Missoni Home
  • Hotel Missoni
Situs webwww.missoni.com

Missoni merupakan brand pakaian asal Italia yang memproduksi rajutan bermotif zigzag, gelombang, dan garis-garis dimulai pada tahun 1948 ketika pendiri Rosita dan Ottavio (Tai) bertemu di Olimpiade di London, di mana Ottavio adalah seorang pelari dan dirancang seragam tim Italia, sementara Rosita berada di sana untuk belajar bahasa Inggris).[1] Mereka membuka lokakarya rajutan kecil di Gallarate, Italia, setelah menikah pada tahun 1953.[1] Pada tahun 1965, Editor legendaris Anna Piaggi (kemudian majalah Arianna) mengambil dengan merancang beberapa pola geometris mereka, dan membantu meningkatkan kredibilitas mereka untuk status internasional.[2] Ketenaran mereka meledak pada tahun 1967, ketika Rosita menginstruksikan model untuk menghapus bra mereka di bawah blus tipis di sebuah fashion show di Florence dan berjalan hampir telanjang.[2]

Pada tahun 1973, mereka memenangkan Neiman Marcus Award, yang dianggap sebagai Oscar fashion.[1] Sekarang ini, Missoni banyak dikelola oleh internal keluarga: Rosita dan putri Ottavio Angela mengambil alih untuk merancang pada tahun 1996, dan anak Luca dan Vittorio mengawasi bisnis, sementara anak perempuan Angela, Margherita, adalah duta merek.[1][3] Missoni memulai untuk mengembangkan usaha juga, alih-alih mengambil kolaborasi seperti label lain, mereka mengembangkan lebih dari 25 sub-lines termasuk M Missoni (brand murah yang dimiliki oleh Valentino Fashion Group), Missoni Home, Missoni untuk pakaian pria, wewangian (pertama kali diluncurkan pada tahun 1980), dan Missoni Sport (sekarang dihentikan).[1][4] Juga berencana untuk membangun Hotel Missoni, proyek Rezidor Hotel Group yang dibuka di Kuwait pada tahun 2009, di mana merek lainnya mengikuti di kota-kota seperti Dubai, Paris, dan Miami.[5]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Missoni Official Website Missoni

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e "Missoni". http://nymag.com. Diakses tanggal 27 Mei 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  2. ^ a b "About Missoni". http://www.missoni.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-06-25. Diakses tanggal 27 Juni 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  3. ^ "Brand History". http://www.missonihome.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-26. Diakses tanggal 27 Juni 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  4. ^ "Missoni Biography". http://www.stylesequel.com. Diakses tanggal 27 Juni 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)
  5. ^ "T&J Vestor Profile". http://www.missonihome.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-05-26. Diakses tanggal 27 Juni 2014.  Hapus pranala luar di parameter |publisher= (bantuan)