Miss Spider's Sunny Patch Friends

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Miss Spider's Sunny Patch Friends
GenreSerial televisi anak-anak
PembuatDavid Kirk
PengembangNadine van der Velde
PemeranKristin Davis
Scott Beaudin
Rebecca Brenner
Mitchell Eisner
Julie Lemieux
Penggubah lagu temaJeff Danna
Lagu pembuka"Be Good to Bugs"
Lagu penutup"Be Good to Bugs" (instrumental)
Negara asal Kanada
 Britania Raya
 Amerika Serikat
Bahasa asliInggris
Perancis
Jmlh. musim3[1][2]
Jmlh. episode85 (daftar episode)
Produksi
Produser eksekutifMichael Hirsh
Scott Dyer
Nicholas Callaway
Doug Murphy
Leo Nielsen
Vince Commisso
Steven Jarosz
Kay Wilson Stallings
Durasi24 menit (12 menit per segmen)
Rumah produksiNelvana
King Rollo Films
Callaway Arts & Entertainment
Portfolio Entertainment
Nickelodeon Animation Studios
Rilis asli
JaringanNickelodeon, Noggin (U.S.)
Channel 5 (UK)
[[Teletoon]
Treehouse TV (Canada)
Format audioDolby Digital
Rilis7 September 2004 (2004-09-07) –
26 Oktober 2008 (2008-10-26)

Miss Spider's Sunny Patch Friends (kadang disingkat Sunny Patch) adalah serial televisi anak-anak yang diadaptasi dari buku anak-anak karya David Kirk. Serial ini awalnya ditayangkan di Teletoon di Kanada dan Nickelodeon di Amerika Serikat.[3]

Di Indonesia, serial ini disulihsuarakan dalam Bahasa Indonesia dan disiarkan di Spacetoon dan Spacetoon Plus.

Ikhtisar[sunting | sunting sumber]

Serial ini berlatar di "Sunny Patch" sebuah kota miniatur yang bangunannya terbuat dari benda-benda hutan umum dan dihuni oleh serangga-serangga antropomorfik, dan terutama berpusat di sekitar keluarga Spider. Tiap episodenya mengisahkan petualangan anak-anak Miss Spider yang bermain di Sunny Patch dan belajar pelajaran hidup, seperti bersikap baik kepada orang lain, menjadi imajinatif, memiliki tanggung jawab, dan rasa ingin tahu akan dunia di sekitar mereka.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Serial ini pertama kali diumumkan pada 17 Desember 2003 pada saat siaran pers Callaway Arts & Entertainment.[4] Pada 19 Maret pada tahun yang sama, dilaporkan bahwa acara ini dijadwalkan tayang perdana pada Januari 2004 dan bahwa studio animasi Kanada Nelvana saat ini memproduksinya.[5] Serial ini ditayangkan perdana pada Januari 2004 di saluran Teletoon Kanada dan pada Februari 2004 di saluran Nickelodeon Amerika Serikat.

Pada 20 Juni 2005, Nickelodeon memesan dua puluh lima episode dari musim kedua serial ini.[6] Musim kedua perdana tayang pada 13 Maret 2006 dengan episode pertamanya berjudul "Captain Sunny Patch."[7] Lalu musim ketiga setelahnya. Teletoon menyangankan episode terakhir dari acara ini pada Juni 2007. Episode terakhir dari serial ini tidak ditayangkan di Amerika Serikat sampai tahun 2008 saat beberapa episode yang telah ditayangkan di Amerika tayang kembali di saluran Noggin.[8] Acara ini terus berlanjut di Nick Jr. setelah penghentiannya sampai 12 September 2014. Pada tahun yang sama, Qubo mengumumkan mereka akan mulai menayangkan ulang acara ini mulai tanggal 1 Oktober.

Acara ini juga pernah tayang di Indonesia melalui saluran Spacetoon.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ https://www.amazon.com/Fungus-Among-Us-Ground-Bound/dp/B00AWMGQ7W
  2. ^ "Nelvana Shows: Miss Spider's Sunny Patch Friends". nelvana.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2019-03-01. Diakses tanggal 2019-02-16. 
  3. ^ Corus Entertainment/Nelvana Limited (20 February 2005). "Nelvana reveals its long-anticipated licensee line-up for Miss Spider's Sunny Patch Friends". prnewswire.com. 
  4. ^ Callaway Arts and Entertainment (17 December 2003). "Callaway Arts & Entertainment's plans for the Sunny Patch brand". prnewswire.com. 
  5. ^ Nelvana Limited (5 January 2004). "Kristin Davis lends her voice talents to Nelvana's Sunny Patch". prnewswire.com. 
  6. ^ "Nick to Spin More Miss Spider's Sunny Patch Friends". Animation Magazine. 
  7. ^ Nick Jr. (13 March 2006). "Nick Jr. Premieres Season Two of Its Hit 3-D Animated Series, Miss Spider's Sunny Patch Friends". prnewswire.com. 
  8. ^ "Sunny Patch on NOGGIN". noggin.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 23 December 2008. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]