Lompat ke isi

Miss Planet International

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miss Planet International
SingkatanMPI
Tanggal pendirian23 Agustus 2023; 9 bulan lalu (2023-08-23)
Didirikan diPhnom Penh, Kamboja
StatusAktif
TipeKontes kecantikan
Kantor pusatPhnom Penh, Kamboja
Lokasi
  •  Kamboja
BidangKontes kecantikan
Bahasa resmi
Pendiri
Halley Amin
CEO
Pedro Francisco
Motto
Sustainable Pageantry
Organisasi induk
MPI CO., LTD
Situs webmissplanetinternational.com

Miss Planet Internasional (bahasa Inggris : Miss Planet International) adalah kontes kecantikan internasional tahunan yang berbasis di Kamboja .Miss Planet International (MPI) merupakan gerakan untuk tercapainya Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Perserikatan Bangsa-Bangsa, kontes ini dibuat untuk mencari duta besar dari masing-masing negara sebagai pembicara untuk melakukan/menyampaikan perubahan pada masyarakat demi masa depan yang lebih baik. Serta menemukan perempuan sebagai ratu kontes kecantikan untuk mewakili misi MPI dalam melestarikan planet/bumi yang indah.[1][2][3][4][5].

Pemegang gelar Miss Planet International 2023 saat ini adalah Worawalan Phutklang perempuan asal Thailand. Ini merupakan pertama kalinya Thailand meraih mahkota dari edisi ketiga Miss Planet International. Gelar tersebut diraihnya pada 19 November 2023 yang digelar di Koh Pich, Phnom Penh, Kamboja.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kontes kecantikan Miss Planet International diciptakan dengan tujuan untuk mempromosikan keselamatan planet/bumi dan kehidupan manusia sesuai dengan prinsip-prinsip umum Perserikatan Bangsa-Bangsa. Program ini memiliki misi untuk menginspirasi dan memberdayakan perempuan muda yang bercita-cita menjadi pedoman yang baik bagi orang lain di masyarakat dan di seluruh dunia dengan membawa perubahan sosial, serta akan memperkuat rasa cinta terhadap semua orang dan juga rasa hormat terhadap lingkungan hidup.

Pemilik kontes kecantikan internasional Miss Planet International adalah Halley Amin, produser dan pencipta Kontes Kecantikan Internasional (MPI) yang berbasis di Kamboja dan Pedro Francisco sebagai CEO. Kontes Miss Planet International pertama kali diadakan di Diamond Island Theatre pada tanggal 1 Maret 2019, di Phnom Penh, Kamboja, ada 39 negara yang berpartisipasi mengikuti kompetisi ini.

Monique Best dari Afrika Selatan dinobatkan sebagai pemenang sekaligus menjadi perempuan pertama yang mendapatkan gelar Miss Planet International pada tahun 2019.


Pada tahun 2020 dan 2021, karena adanya Pandemi Covid-19, MPI tidak mengadakan kontes kecantikan tersebut, pada tahun 2022 MPI kembali mengadakan kontes kecantikan tersebut di Uganda sebagai tuan rumah tetapi Miss Planet International Uganda, dengan 68 negara anggota lainnya yang sudah terdaftar selama bulan November 2022 memilih untuk mengundurkan diri dalam ajang tersebut dengan berbagai alasan. Salah satunya disebabkan dengan keselamatan dan keamanan mereka sendiri mengenai merebaknya wabah Ebola di Uganda, banyak kontestan yang mengundurkan diri hanya dalam waktu beberapa hari sebelum acara dimulai, sehingga menyebabkan banyak kerugian dan menelan biaya reservasi sekitar $5 juta dan malam final MPI kemudian akhirnya diselenggarakan kembali di Diamond Island Theatre, Phnom Penh, Kamboja.

Pemenang[sunting | sunting sumber]

Wakil Indonesia[sunting | sunting sumber]

Keterangan Warna
  •   : Sebagai Miss Planet International
  •   : Sebagai Runner-up Planet International
  •   : Sebagai finalis 10 Besar
  •   : Sebagai finalis 20 Besar
  •   : Sebagai peraih penghargaan khusus
Tahun Provinsi Miss Planet Indonesia Gelar Nasional Hasil Penghargaan
2024  DKI Jakarta Olla Levina Runner-up Miss Mega Bintang Indonesia 2024 TBA TBA

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Miss Planet International | Sustainable Pageantry" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-01. 
  2. ^ "Miss Planet International | About" (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-01. 
  3. ^ "Facebook". www.facebook.com. Diakses tanggal 2024-06-01. 
  4. ^ "Miss Planet International - YouTube". www.youtube.com. Diakses tanggal 2024-06-01. 
  5. ^ "Instagram". www.instagram.com. Diakses tanggal 2024-06-01.