Misi Iwakura

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Misi Iwakura. Kepala misinya adalah Iwakura Tomomi, tampil dalam gambar ini sedang mengenakan pakaian Jepang tradisional.

Misi Iwakura atau Misi Diplomatik Iwakura (岩倉使節団, Iwakura Shisetsudan) adalah sebuah perjalanan diplomatik Jepang di seluruh dunia, yang dilakukan pada tahun 1871 oleh oligarki jaman Meiji.

Misi Iwakura mengikuti beberapa misi sebelumnya yang dikirimkan oleh Keshogunan, seperti Misi Diplomatik Jepang ke Amerika Serikat (1860), Misi Diplomatik Jepang Pertama ke Eropa (1862), dan Misi Diplomatik Jepang Kedua ke Eropa (1863).

Detil perjalanan[sunting | sunting sumber]

Amerika Serikat[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 23 Desember 1871, Misi Diplomatik Iwakura bertolak dari pelabuhan Yokohama dengan kapal SS America tujuan San Francisco. Mereka tiba di San Francisco pada tanggal 15 Januari 1872.

Misi kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik kereta api, singgah di Salt Lake City dan Chicago, hingga akhirnya tiba di Washington, D.C. tanggal 29 Februari 1871. Salah satu tugas misi diplomatik ini adalah menegosiasikan perjanjian baru yang lebih adil, namun hal ini tidak berhasil dicapai. Mereka juga mengunjungi berbagai sekolah, universitas, dan kawasan industri di Boston, New York, dan Washington, D.C.

Britania Raya[sunting | sunting sumber]

Rombongan Misi Diplomatik Iwakura tiba di Liverpool, Inggris, pada tanggal 17 Agustus 1872. Mereka lalu menuju London dan menghabiskan bulan Agustus dan September di ibukota Inggris tersebut, mengunjungi berbagai institusi politik, militer, sekolah, British Museum, menonton konser musik di Royal Albert Hall, serta mencoba bepergian dengan London Underground yang baru dibangun.

Di bulan Oktober dan November 1872, misi dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil, untuk memudahkan berkunjung ke banyak tempat dalam waktu bersamaan. Mereka singgah ke berbagai kota seperti Edinburgh, Manchester, Glasgow, Edinburgh, Newcastle upon Tyne, Bradford, Yorkshire, Burton upon Trent, Birmingham, Worcester, Stoke on Trent dan Chester. Mereka meninjau kawasan industri dan pertambangan, mempelajari cara kerja mesin-mesin hidrolik, mempelajari konstruksi senjata Armstrong dan Gatling, penataan desa, sekolah, rumah sakit, dan taman-taman kota.[1][2]

Tanggal 5 Desember 1872, Delegasi Iwakura menghadiri audiensi resmi dengan Ratu Victoria di Istana Windsor. Berikutnya audiensi dengan Pangeran Wales di Sandringham pada 9 Desember 1872. Mereka lalu meninggalkan Inggris menuju Perancis pada tanggal 16 Desember 1872.

Berkeliling Eropa dan kembali ke Jepang[sunting | sunting sumber]

Selama 6 bulan pertama tahun 1873, Misi Iwakura melawat ke Perancis,[3] Belgia, Belanda, Rusia, Jerman, Prusia, Denmark, Swedia, Bavaria, Austria, Italia, dan Swiss. Kemudian dalam perjalanan pulang ke Jepang, mereka juga singgah di Mesir, Aden, Ceylon, Singapura, Saigon, Hong Kong, dan Shanghai. Misi Iwakura akhirnya tiba di Yokohama pada 13 September 1873, hampir 2 tahun sejak keberangkatannya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Checkland, Olive (1998). The Iwakura Mission, industries and exports (PDF) (Discussion Paper ed.). London: The Suntory Center. p. 28. Diakses tanggal 3 February 2016. 
  2. ^ Kunitake, Kume (2009). Chushichi Tsuzuki and R. Jules Young, ed. Japan Rising: The Iwakura embassy to the USA and Europe. Cambridge: Cambridge University Press. p. 182. ISBN 978-0-521-73516-2. 
  3. ^ The Iwakura Embassy to the USA and Europe 1871-1873, Kume Kunitake, p.226-227

Bacaan tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]