Miravan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miravan Membuka Peti Mati Leluhurnya
Inggris: Miravan Breaking Open the Tomb of his Ancestors
SenimanJoseph Wright
Tahun1772 (1772)
Tipecat minyak di atas kanvas
LokasiMuseum dan Galeri Seni Derby, Derby

Miravan Membuka Peti Mati Leluhurnya (Miravan Breaking Open the Tomb of his Ancestors) adalah lukisan karya Joseph Wright yang diselesaikan tahun 1772.

Deskripsi[sunting | sunting sumber]

Lukisan berjusul "Miravan Membuka Peti Mati Leluhurnya" dan memperlihatkan bangsawan Persia, Miravan, yang menemukan satu dari peti mati leluhurnya. Didorong oleh keserakahannya ia memerintahkan untuk membongkar paksa peti mati setelah ia melihat tulisan pada peti "harta karun yang lebih hebat dari yang bisa dibayangkan raja Croesus" didalamnya.[1] Lukisan menggambarkan reaksi mendadak dan rasa sedih Miravan ketika ia menyadari bahwa ia terpedaya. Leluhurnya menyatakan bahwa Miravan tidak akan menikmati istirahat abadi setelah ia mengganggu salah satu nenek moyangnya.[2]

Cerita tentang Miravan seperti dilukiskan Joseph Wright datang dari Surat Tentang Perasaan (Letters Concerning Taste) oleh John Gilbert Cooper yang dipublikasikan tahun 1755.[3] Meski Cooper menyatakan bahwa cerita itu dari Persia, tidak ada sumber asli yang diketahui.

Joseph Wright dikenal atas penggunaan pencahayaan yang tidak umum; lukisan ini mengkombinasikan karakter gayanya yang disebut Neo-Gothik yang juga digunakan Wright di lukisannya tentang Demokritos mempelajari anatomi.[4] Kedua lukisan ini juga memperlihatkan kepahaman sang seniman terhadap anatomi manusia.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Lukisan ini diukir tahun 1772 oleh Valentine Green dan seperti banyak lukisan Wright lainnya, perbedaan gelap terang di bidang lukisan ideal untuk dijadikan mezzotint (proses cetakan).[5] Dalam kasus ini situasi diterangi oleh lampu minyak dan penerangan bulan. Lukisan ini dibeli pada masa kehidupan Wright oleh Mr Milne (kemungkinan dari Wakefield).[6] Menjadi milik Museum dan Galeri Seni Derby tahun 1935 setelah diperoleh dari kepemilikian pribadi atas usaha pendanaan nasional United Kingdom.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (Prancis) Letters of Taste, John Gilbert Cooper, Letter X, P.69, Diakses Mei 2011
  2. ^ (Inggris) "Miravan Breaking Open the Tomb of his Ancestors". Treasures of Derby. Derby.gov.uk. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2011-07-19. Diakses tanggal 28 May 2011. 
  3. ^ a b (Inggris) "Miravan Breaking Open the Tomb of his Ancestors". artfund.org. Diakses tanggal 28 May 2011. 
  4. ^ (Inggris) "Joseph Wright of Derby". Tate Gallery. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-12-21. Diakses tanggal 29 May 2011. 
  5. ^ (Inggris) British Prints 18th-20th centuries p172, Campbell Fine Art, 1993, diakses Mei 2011
  6. ^ (Inggris) Joseph Wright of Derby, Benedict Nicholson, vol 1, p107, 1968, accessed May 2011