Miracle Park Pasuruan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas


Miracle Park Bromo
JenisAgrowisata
LokasiKrajan, Puspo, Pasuruan, Jawa Timur
Area3 Ha
Situs webmiraclepark.id

Miracle Park Bromo memiliki arti kebun keajaiban. Nama ini diambil dengan harapan dapat menghadirkan keindahan taman surga di bumi. Merupakan sebuah usaha yang dilakukan secara bersama-sama untuk membeli kebun-kebun dengan maksud untuk menjadikan perkebunan tersebut lebih produktif demi kemakmuran bersama. Ideologi yang cukup kuat dari Miracle Park Bromo adalah Petani harus makmur serta ketersediaan pangan dan sumber daya harus tetap terjaga, menciptakan Kemakmuran serta berkelimpahan pangan dan sumberdaya alam di Muka Bumi, sehingga seluruh mahluk hidup bersinergi untuk mewujudkan kehidupan yang lebih baik.

Miracle park merupakan agrowisata edukasi yang dikelola di bawah naungan Goolive Corporation. Nama Miracle Park terinspirasi dari konsep Kebun Al-Qur'an.[1] Yang membedakan Miracle Park Bromo dengan agrowisata lainnya adalah Miracle Park Bromo merupakan kategori agrowisata yang memiliki keunikan yang diunggulkan yakni pada Zaitun yang selalu ditanam di setiap objek wisata yang kedepan rencananya akan di buka di berbagai daerah di Indonesia dengan harapan agar semua orang terutama yang sudah berkeluarga dari berbagai latar belakang bisa menikmati dan merasakan nikmatnya berkebun.

Tumbuhan utama yang ditanam di Miracle Park yakni tanaman Zaitun serta tanaman - tanaman buah yang sesuai dengan potensi daerah & keunggulan lokal yang bisa diangkat, salah satunya durian yang dijuluki raja buah dan bernilai ekonomis tinggi. Miracle Park nantinya akan memiliki beberapa wahana diantaranya yakni flyingfox dan juga arena olahraga yang disunnahkan, berenang, memanah dan berkuda.

Fasilitas[sunting | sunting sumber]

Area Miracle Park Bromo akan dibangun berbagi fasilitas[2] sebagai berikut.

Wakaf Kebun Produktif[sunting | sunting sumber]

Miracle Park Bromo memberikan kesempatan kepada semua orang untuk berinvestasi di kebun yang ada di Miracle Park Bromo dengan cara membeli kavling kebun yang disediakan. Nantinya investasi ini akan menerapkan sistem bagi hasil yang melibatkan petani juga.

Lahan Kavling Kebun[sunting | sunting sumber]

Para wisatawan yang datang bisa menikmati keindahan dari kebun yang ada di Miracle Park Bromo yang sudah ditanami berbagai macam tanaman. Sehinggga wisatawan bisa merasakan sensasi kebun di Miracle Park Bromo.

Penginapan[sunting | sunting sumber]

Bagi wisatawan yang datang dari daerah yang lumayan jauh tidak perlu khawatir karena, Miracle Park Bromo juga akan menyediakan penginapan yang sudah dilengkapi dengan kamar mandi dan listrik didalamnya.

Area Wisata dan Bermain[sunting | sunting sumber]

Bukan hanya kebun saja yang ada di Miracle Park Bromo tapi disana juga terdapat area wisata dan bermain seperti Flyingfox dan Outbound. Bahkan tersedia juga olahraga sunnah seperti berkuda, memanah, dan berenang.

Koleksi Tumbuhan Utama[sunting | sunting sumber]

Kebun Miracle Park memiliki tanaman utama[1] yang menjadi ciri khas dari Miracle Park itu sendiri yaitu :

  • Zaitun (Olea europaea). Tanaman yang menjadi unggulan sekaligus ciri khas dari agrowisata Miracle Park. Buah ini sangat dimuliakan didalam Al Qur'an. Bahkan terdapat surah di dalam Al Qur'an yang menggunakan namanya yaitu Surah At-Tin.
  • Durian (Durio zibethinus). Buah yang punya julukan Fruit King karena punya bau yang khas serta rasa yang sangat kaya. Durian yang ada di Miracle Park terdiri dari berbagai jenis Varietas durian seperti Musang king, Duri Hitam, Bawor, Namlung, Tembaga Super, Malika, dan Pelangi.
  • Jambu Kristal. perkembangannya di Indonesia mulai diperkenalkan oleh IPB (Institut Pertanian Bogor). Jambu Biji Kristal sebetulnya tidak benar-benar nirbiji, jumlah bijinya kurang dari 3% bagian buah, sepintas Jambu Biji Kristal hampir tidak berbiji.[3]

Koleksi Tumbuhan Pendukung[sunting | sunting sumber]

Diantara tanaman unggulan di atas, Miracle Park juga menyediakan berbagai variasi tanaman pendukung yang dapat dinikmati wisatawan yang datang. Koleksi tanaman pendukung ini rencananya akan ditanam disekitar tanaman unggulan yang tersebar diseluruh wilayah Miracle Park.

Berikut beberapa tanaman pendukung di kebun Miracle Park :

  1. Kurma.
  2. Buah Tin.
  3. Bidara.
  4. Alpukat.
  5. Delima.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

  1. official website

Referensi[sunting | sunting sumber]