Lompat ke isi

Miltiadis Tentoglou

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Miltiadis Tentoglou

Miltiadis "Miltos" Tentoglou (bahasa Yunani: Μιλτιάδης Τεντόγλου [milti'aðis te'doɣlu]; lahir 18 Maret 1998) adalah seorang atlet lompat jauh Yunani kelahiran Grevena. Ia merupakan atlet klub G.E. Grevana. Ia mendapat bimbingan dari pelatihnya, Gkeorgki Pomaski. Ia mewakili Yunani pada Kejuaraan Dunia Lompat Jauh Junior yang berlangsung di Cali, Kolombia pada 2015 dan mencatatkan lompatan sejauh 7.66 m dan menduduki peringkat kelima.

Gelar pertamanya diraih ketika mengikuti Kejuaraan Dunia U-20 yang berlangsung di Bydgoszcz, Polandia dan menjadi runner-up dengan lompatan 7.91 m. Setahun kemudian, pada kejuaraan yang sama, ia sukses menjadi juara ketika edisi tersebut digelar di Grosseto, Italia, pada 2017. Pada tahun yang sama, ia menjadi juara nasional lompat jauh Yunani.

Pada tahun 2018, ia berhasil menjuarai Kejuaraan Lompat Jauh Eropa yang berlangsung di Berlin, Jerman. Pada 2019, ia sukses meraih empat gelar juara, yakni pada European Indoor Championships, European Team Championships, dan European U-23 Championship. Ia sukses menjuarai Kejuaran Indoor Eropa yang berlangsung di Torun, Polandia. Pada Olimpiade Musim Panas 2020 yang diadakan di Tokyo, Jepang, ia sukses mengungguli atlet Kuba Miguel Echevarria dan meraih medali emas pertama yang diraih Yunani selama sejarah keikutsertaan mereka pada ajang Olimpiade.[1]

Referensi

[sunting | sunting sumber]