Mildred A. Groht

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mildred A. Groht (1890-1971) adalah seorang pendidik terkemuka di kalangan orang-orang tunarungu dan pengembang salah satu metode utama cara mengajar bahasa kepada anak-anak tunarungu. Groht lulusan Swarthmore Collage, dengan doktor kehormatan dari Callaudet Collage .Ia memulai kariernya sebagai guru di Newyork School for the Deaf,Kemudian mengajar di maryland School for the Deaf. Pada tahun1926 ia bergabung dengan fakultas Lexington School for the Deaf di New York, dimana ia menjadi kepala sekolah sampai pensiun tahun 1958.[1]

Sebagai guru yang berbakat, Groht telah mengajukan dan mengembangan metode bahasa alami yang berpengaruh guna mengajari bahasa kepada orang-orang tunarungu. Berdasarkan pemikiran bahwa anak tunarungu dapat menerima bahasa paling baik melalui kegiatan yang merupakan bagian alami dari kehidupan anak, metode groht menggunakan berbagai kegiatan. Guru secara konsisten menciptakan situasi yang memberi kepada siswa pengalaman berbahasa dan secara kontinu berbicara dengan anak-anak, serta mendorong mereka untuk memberi respons dengan ucapan. Praktik demikian didalam situasi kehidupan nyata di pandang lebih efektif daripada pendekatan tata bahasa dan analitik tradisional, dengan tekanan pada analitis dan latihan bahasa. Pemakain metode alami telah meningkat secara menyolok, dan sebagian besar program sekarang ini menggunakan gabungan pendekatan alami dan analitik.

Groht menggambarkan metode alami di dalam bukunya Natural Language for Deaf Children. Di dalam kata pendahulunya, Clarence D' Connor (waktu itu sebagai pengawas/pemimpin Lexington School for the Deaf) menyebut Groht sebagai "salah satu anak-anak tuna rungu Amerika yang paling menonjol, khususnya didalam bidang seni komunikasi'. Ia selanjutnya berkata, "Groht semakin menjelaskan filsafat bahwa anak-anak tunarungu dapat menggunakan bahasa Inggris dengan lancar dibanding dengan mendengarkan melalui apa yang kemudian dikenal sebagi 'metode alami'. Melalui pengajarannya sendiri yang terampil kepada anak-anak tunarungu dan bimbingan para guru, ia menunjukkan bahwa metode ini dapat dilakukan tampa ragu-ragu. Melalui berbagai tulisannya, demontrasi, ceramah, dan bab-bab dari buku yang baik sekali. ia telah meneruskan kepada para rekan sekerjanya manfaat dari pengalaman yang kaya di dalam bidang khusus ini".

Aktif di dalam asosiasi untuk Anak tunarungu Alexander Graham Bell, Groht bekerja di dewan tambahan asosiasi tersebut selama beberapa tahun dan diangkat ke dewan kehormatan pada tahun 1965. Ia meninggal di Ossinging, New York, pada tanggal 11 Desember 1971.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Nuansa Cendekia.