Miguel Rodríguez Orejuela

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Miguel Rodríguez Orejuela
Miguel Angel Rodríguez Orejuela
LahirMiguel Angel Rodríguez Orejuela
15 Agustus 1943 (umur 80)
Mariquita, Tolima, Colombia
Nama lain"El Señor" (The Lord)
Hukuman kriminal30 years (360 months) for conspiracy to import cocaine
7.25 years (87 months) for money laundering, sentences to run concurrently. Forfeiture of $2.1 billion in assets.
Status kriminalImprisoned at FCI Edgefield
AlasanConspiracy to import 5kg or more of cocaine. Conspiracy to engage in money laundering

Miguel Angel Rodriguez Orejuela( lahir pada tanggal 15 agustus 1943, di Mariquita, Tolima)[1][2] dikenal sebagai bandar narkoba dari daratan Kolombia, salah satu jajaran utama pemimpin Kartel Narkoba di Cali. Dia adalah adik dari Gilberto Rodriguez Orejuela. Ia menikah dengan Nona Kolombia 1974, Marta Lucia Echeverry.[3]

Kartel Cali[sunting | sunting sumber]

Rodriguez Orejuela bersaudara dan Jose Santacruz Londoño membentuk kartel Cali pada tahun 1970-an. Utamanya mereka terlibat di dalam perdagangan ganja. Pada tahun 1980-an mereka membuka cabang berupa jual-beli kokain. Pada suatu waktu, Kartel Cali berhasil menyuplai 70% untuk Amerika Serikat dan 90% untuk pasar kokain Eropa.

Kartel Cali kurang frontal dibanding pesaingnya, Kartel Medellín. Di saat Kartel Medellín terlibat di dalam kampanye brutal menggunakan kekerasan untuk melawan pemerintahan Columbia, Kartel Cali justru semakin tumbuh. Sebab kartel Cali cenderung memilih menyuap dibanding melawan. Bagaimanapun juga, setelah pemerintah Columbia berhasil membekukan Kartel Medellín, perhatian pemerintah setempat kemudian mengarah ke Kartel Cali. Polisi mulai mengampanyekan perlawanan terhadap Kartel Cali sejak musim panas pada tahun 1995.

Penangkapan[sunting | sunting sumber]

Pada agustus 6, 1995, Miguel Rodriguez Orejuela ditangkap ketika Kolombia Nasional Polisi mendobrak pintu apartemennya (Hacienda Buenos Aires) di Normandia yang di Cali, Kolombia dan menemukan dia bersembunyi di sebuah lemari rahasia. Rodriguez Orejuela tidak memenuhi syarat untuk ekstradisi ke AS untuk kejahatan yang dilakukan sebelum tanggal 16 desember 1997. Namun, sementara ia ditahan di Kolombia, Rodriguez Orejuela terus terlibat dalam perdagangan narkoba. Akibatnya Amerika Serikat meminta ekstradisi.

Ekstradisi[sunting | sunting sumber]

Pada 11 Maret 2005, Rodriguez Orejuela ditawan di Amerika Serikat. Sebelumnya saudaranya telah ditawan terlebih dahulu. Pada 26 September 2006, keduanya Gilberto dan Miguel dijatuhi hukuman 30 tahun penjara setelah mengakui kesalahannya atas tuduhan keterlibatan impor-kokain ke A.S.[4] Mereka mengakui kesalahan tersebut dengan jaminan agar pemerintah Amerika Serikat tidak mengajukan tuntukan terhadap anggota keluarga. Pengacara mereka -- David Oscar Markus dan Roy Kahn—mampu memperjuangkan hak imunitas bagi 29 anggota.

Pada 16 November 2006, kedua bersuara tersebut mengakui kesalahannya atas dugaan keterlibatan di dalam pencucian uang. Keduanyanya dijatuhi hukuman tambahan 87 bulan di penjara. Dua periode hukuman tersebut dijalankan secara serentak.[5]

Miguel Rodriguez Orejuela menjalankan hukuman selama tiga puluh tahunnya di FCI Edgefield di South Carolina. Rilis tersebut akan dijadwalkan pada 2030, yang kemudian ditambah 87 bulan.[6]

Galeri[sunting | sunting sumber]

Lihat juga[sunting | sunting sumber]

  • [Raja narkoba|Daftar bandar narkoba]
  • Daftar bos kejahatan dihukum di abad ke-21

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ ""El Señor" (Spanish)". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-21. Diakses tanggal 2017-09-03. 
  2. ^ Los Jinetes de la Cocaína (Spanish).
  3. ^ [1]
  4. ^ "Colombian drug lords jailed in Panama". BBC News. September 27, 2006. Diakses tanggal May 12, 2010. 
  5. ^ "United States Attorney Southern District of New York" (PDF). United States Attorney’s Office. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2012-10-13. 
  6. ^ 14022-059[pranala nonaktif permanen]