Meterai Pengakuan (Anglikanisme)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Untuk doktrin serupa dalam denominasi Kristen lainnya, lihat Meterai Pengakuan.

Meterai Pengakuan (Inggris: Seal of the Confessional) adalah suatu prinsip di dalam Anglikanisme yang melindungi perkataan yang diucapkan selama pengakuan dosa. Pengakuan dosa mengandung sanksi tertentu atas pengungkapannya karena adanya suatu pemahaman di kalangan rohaniwan bahwa terdapat suatu rasa saling percaya yang tidak dapat diganggu gugat antara sang peniten (orang yang mengaku dosa) dan sang pastor secara individual. Prinsip ini seharusnya tidak dirancukan dengan praktik pengakuan dosa awam yang jarang terjadi, tidak juga dengan pengakuan dosa publik yang merupakan salah satu elemen dari kebanyakan liturgi ekaristis di seluruh Komuni Anglikan. Meterai Pengakuan secara khusus mengacu pada pengakuan dosa pribadi oleh seorang individu, di hadapan seorang pastor, yang bentuknya diatur dalam Buku Doa Umum (1662) dan rujukan-rujukan liturgis di kemudian hari.

Posisi saat ini[sunting | sunting sumber]

Variasi internasional[sunting | sunting sumber]

Komuni Anglikan merupakan suatu persekutuan internasional dan semua hukum terkait privilese imam–peniten berbeda dari satu negara dengan negara lainnya. Demikian pula, masing-masing gereja anggota Komuni Anglikan memiliki kanon tersendiri ataupun peraturan lain yang mengaturnya. Praktik pengakuan pribadi memiliki tingkat kepentingan yang berbeda-beda dalam masing-masing gereja yang tergabung dalam Komuni Anglikan; meskipun pada akhirnya kesemuanya mendasarkan posisi doktrinal mereka pada doktrin yang dinyatakan dalam Buku Doa Umum (1662) yang mendesak pemanfaatan pengakuan dosa pribadi oleh semua umat yang "tidak mampu menenteramkan hati nuraninya sendiri" melalui sarana "pemeriksaan diri, pengakuan dosa [publik],[1] dan pertobatan". Meskipun terdapat beragam sikap yang berbeda seputar praktik ini, terdapat suatu pemahaman di antara para rohaniwan di seluruh Anglikanisme bahwa ada suatu keyakinan yang tidak dapat diganggu gugat antara sang pastor secara individual dengan sang peniten.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Meaning public confession

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

Urutan kronologis penerbitan (pertama-tama yang terlama)

  • (Inggris) Doe, Norman (1998). Canon Law in the Anglican Communion: A Worldwide Perspective. Oxford University Press. hlm. 434. ISBN 0-19-826782-7. 
  • (Inggris) Harris-Abbott, Troy L.; Doe, Norman (2001). "Canon Law in the Anglican Communion: A Worldwide Perspective by Norman Doe". Journal of Law and Religion. Journal of Law and Religion, Vol. 16, No. 2. 16 (2 (2001)): 331–339. doi:10.2307/1051658. JSTOR 1051658. 
  • (Inggris) "Report of the clergy discipline working group" (PDF). 23 March 2001. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-09-01. Diakses tanggal 2007-10-12. . This is a detailed legal analysis of the duties expected of a priest of the Anglican Church of Australia re the seal of the confessional and a confession of child sex abuse.
  • (Inggris) "Private confession. Pastoral guidelines with special reference to child sexual abuse" (PDF). 8 March 2006. Diarsipkan dari versi asli (PDF) tanggal 2007-08-29. Diakses tanggal 2007-10-12. . Detailed guidelines of the Anglican Church of Australia with regards to the seal of the confessional and child sex abuse.

 Artikel ini memuat teks dari suatu penerbitan yang sekarang berada dalam ranah publikHerbermann, Charles, ed. (1913). "nama artikel dibutuhkan". Catholic Encyclopedia. New York: Robert Appleton.