Messianic Jewish Alliance of America

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Messianic Jewish Alliance of America (MJAA) adalah sebuah organisasi Yahudi beraliran Kristen yang didirikan pada tahun 1915 sebagai "Hebrew Christian Alliance of America".[1]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

"Hebrew Christian Alliance of America" dimulai pada awal abad ke-19 sebagai misi oleh orang Yahudi Kristen kepada orang Yahudi yang lain. Berbagai upaya independen disatukan dalam "Hebrew Christian Alliance of the United States" pada tahun 1905, dalam rangka kerjasama dengan "Hebrew Christian Alliances" dari negara-negara lain, terutama Hebrew Christian Alliance of Great Britain yang didirikan oleh Rev. Carl Schwartz pada tahun 1866.

Upaya sebelumnya di Amerika Utara[sunting | sunting sumber]

"Hebrew Christian Prayer Union" kebanyakan terdiri dari perempuan Yahudi yang masuk Kristen dan bertemu untuk berdoa bersama. Organisasi ini di bawah sponsor Rev. Philip Milledoler dari Reformed Dutch Church. Upaya mereka membawa kepada pembentukan misi Kristen Amerika pertama kepada orang Yahudi pada bulan Desember 1816, yang dikemudian disahkan pada tanggal 14 April 1820 sebagai "American Society for Meliorating the Condition of the Jews". Saat itu hanya ada sedikit orang Yahudi di Amerika Serikat, dan organisasi ini dijalankan oleh para pemimpin Kristen dari berbagai denominasi. Sejumlah skandal melemahkan organisasi tersebut, sehingga berhenti pada tahun 1867.[2]

Sebuah kelompok Amerika yang tidak berkaitan dengan "Hebrew Christian Prayer Union" didirikan di London oleh Rev. Henry Aaron Stern pada tahun 1882, dan kemudian bergabung dengan "Hebrew Christian Alliance" yang dipimpin oleh Rev. Carl Schwartz.

International Messianic Jewish Alliance[sunting | sunting sumber]

International Messianic Jewish Alliance merupakan kelanjutan dari "International Hebrew Christian Alliance" antara Hebrew Christian Alliance of Great Britain dan yang di Amerika.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]