Mengoleksi perangko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Le Philatéliste oleh François Barraud (1929).

Mengoleksi perangko adalah kegiatan mengumpulkan prangko dan benda-benda yang terkait. Ini merupakan bidang filateli, yang merupakan studi (atau studi gabungan dan koleksi) prangko. Kegiatan ini telah menjadi salah satu hobi paling populer di dunia sejak akhir abad ke-19 ketika pesatnya pertumbuhan layanan pos,[1] karena aliran prangko baru yang tiada henti diproduksi oleh negara-negara yang berusaha mengiklankan kekhasan mereka melalui prangko.

Mengoleksi[sunting | sunting sumber]

Kolektor muda

Mengumpulkan prangko diterima secara umum sebagai salah satu bidang yang membentuk mata pelajaran filateli yang lebih luas, yaitu studi tentang perangko. Seorang filatelis boleh, tetapi tidak harus, mengoleksi prangko. Tidak jarang istilah filatelis digunakan untuk mengartikan kolektor perangko. Banyak kolektor prangko biasa mengumpulkan prangko untuk kesenangan semata dan relaksasi tanpa mengkhawatirkan detail kecil. Namun, pembuatan koleksi yang besar atau komprehensif umumnya membutuhkan pengetahuan filateli dan biasanya berisi bidang studi filateli.

Prangko sering dikumpulkan karena nilai sejarah dan aspek geografisnya dan juga untuk banyak subjek yang tergambar di dalamnya, mulai dari kapal, kuda, dan burung hingga raja, ratu, dan presiden.[2]

Penjualan perangko merupakan sumber pendapatan penting bagi beberapa negara yang masalah perangkonya mungkin melebihi kebutuhan pos mereka, tetapi memiliki desain yang menarik bagi banyak kolektor perangko.

Profil Ratu Victoria merupakan gambar utama pada prangko Kerajaan Inggris abad ke-19, yang ditunjukkan di sini pada prangko setengah penny Kepulauan Falkland, 1891.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Vickers, Marcia (15 December 1996). "Delivery Isn't Guaranteed, but Stamps Are Turning Profits". The New York Times. Diakses tanggal 10 December 2009. 
  2. ^ "What is stamp collecting?". Learn About Stamps. 2010. Diakses tanggal 4 October 2010.