Menggeratih

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pengendara duduk dengan lagak geratih terampil

Menggeratih atau geratih adalah lagak kuda diagonal dua ketukan dimana pasangan kaki diagonal bergerak maju secara bersamaan dengan momen suspensi di antara setiap ketukan. Kecepatannya sangat bervariasi, namun rata-rata kecepatannya sekitar 13 kilometer per jam (8,1 mph) . Bentuk menggeratih yang sangat lambat kadang-kadang disebut sebagai lari laun . Bentuk menggeratih yang sangat cepat tidak memiliki nama khusus, tetapi dalam balap rungkup,geratih dari seekor Standardbred lebih cepat daripada congklang rata-rata kuda non-pacu, dan telah mencapai kecepatan lebih dari 30 mil per jam (48 km/h) .

Dari sudut pandang keseimbangan kuda, menggeratih merupakan lagak kuda yang sangat stabil dan tidak mengharuskan kuda melakukan gerakan penyeimbang yang besar dengan kepala dan lehernya. [1] Karena variasinya yang banyak, menggeratih adalah gaya berjalan yang umum dilakukan kuda untuk tunggang serasi .

Jenis[sunting | sunting sumber]

Geratih laun
Geratih terpumpun
Geratih terampil

Bergantung pada jumlah keterlibatan dan koleksi kudanya, geratih secara umum dapat diklasifikasikan sebagai "terampil", "terpumpun", atau "istimewa". Berdasarkan ritmenya, seseorang dapat membedakan geratih persegi dua ketukan yang sebenarnya ketika setiap pasang kuku diagonal menyentuh tanah pada saat yang sama dari gaya berjalan berjalan santai dengan empat ketukan, seperti geratih rubah atau "trocha" yang kadang-kadang terlihat di Paso Fino .

  • Geratih laun (Jog trot), seperti yang terlihat pada kuda barat, adalah lari yang lambat dan santai, tidak memiliki suspensi seperti lari yang bekerja dan dengan langkah yang lebih pendek. Mudah dikendarai karena lebih sedikit "pantulan". Kepala kuda dibawa rendah sementara bagian belakangnya bergerak dan berada di bawah kuda, dan impuls yang ada lebih sedikit dibandingkan dengan gaya tunggang serasi geratih terpumpun.
  • Geratih terpumpun (Collected trot) : Geratih yang sangat sibuk di mana sebagian besar beban kuda dibawa ke bagian belakang. Rangkanya dikompresi dan panjang langkahnya lebih pendek daripada lari lainnya dengan kuda mengambil langkah lebih tinggi. Kudanya lebih ringan dan lebih stabil dalam geratih terpumpun.
  • Geratih jalan (Roadster): Lebih lambat dari geratih terampil, namun lebih cepat dari geratih laun. Lagak kuda ini merupakan salah satu lagak kuda yang digunakan pada kelas rungkup pada pertunjukan kuda .
  • Geratih terampil (Working trot) : Panjang langkah (catatan: beberapa ras memiliki langkah yang bervariasi secara alami) adalah "normal" untuk kuda dan merupakan lari alami kuda saat berada di bawah pelana. Ini adalah gaya berjalan antara geratih terpumpun dan geratih menengah.
  • Geratih menengah (Medium trot): Geratih yang lebih aktif dan bulat dibandingkan lari kerja dengan langkah yang cukup panjang serta impuls yang baik dan solid. Geratih menengah terletak di antara geratih terampil dan geratih istimewa.
  • Geratih indah (Park trot) : Kadang-kadang hanya disebut trot di kelas tertentu dan terlihat di kursi pelana dan kelas rungkup mewah untuk Saddlebred, Arabian, dan Morgan . Ini adalah geratih yang mencolok dan indah dengan lutut yang sangat terangkat (lengan bawah horizontal atau lebih tinggi dan kaki belakang sangat tertekuk). Kepala diangkat tinggi-tinggi dan kadang-kadang seekor kuda mungkin merundukkan punggungnya dan kehilangan irama dalam upaya mencapai aksi tinggi di depan. Bagian belakangnya harus dilibatkan agar dapat dilakukan dengan benar.
  • Geratih panjang (Lengthened trot) : Geratih dengan langkah memanjang. Ini berbeda dari lari jarak jauh yang lebih maju karena tidak mengharuskan kuda untuk membawa bebannya terlalu jauh ke belakang.
  • Geratih pentas (Road trot) : Seperti yang terlihat di kelas geratih jalan, lagaknya mirip dengan geratih balap, tetapi jauh lebih lambat (cocok untuk pengaturan arena). Kepala kuda dipumpun, langkahnya maksimal, dan langkahnya tinggi dan bersemangat.
  • Geratih istimewa (Extended trot) : Geratih yang melibatkan langkah panjang di mana kuda meregangkan tubuhnya dan memanjangkan langkahnya semaksimal mungkin. Kuda itu memiliki suspensi yang besar. Bagian belakangnya bulat dan kepala kudanya tepat di depan dan vertikal.
  • Geratih balap (Racing trot): Seperti yang terlihat pada kuda balap rungkup yang berlomba berlari, seperti Standardbred . Langkahnya berada pada panjang maksimum dengan banyak suspensi. Kaki belakang dalam pasangan diagonal mungkin mulai menyentuh tanah sebelum kaki depan. Berbeda dengan geratih panjang, lehernya tidak bulat melainkan menganj ur keluar. Hingga September 2013 , rekor kecepatan Amerika Utara untuk geratih balap di bawah pelana dengan kecepatan satu mil adalah 1:59, atau 3.025 mil per jam (4.868 km/h) [2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Harris, Susan E. Horse Gaits, Balance and Movement New York: Howell Book House 1993 ISBN 0-87605-955-8 pp. 35–37
  2. ^ "Chantal Rides Trotter to North American Record - Horse Racing News - Paulick Report". www.paulickreport.com. 2013-09-23.