Mencikar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Pencikaran dari paku kiri ke paku kanan . Angin ditampilkan dengan warna merah .

Pencikaran, atau mencikar adalah manuver berlayar di mana kapal layar yang mencapai arah angin memutar buritannya melewati angin, yang kemudian mengerahkan kekuatannya dari sisi kapal yang berlawanan. Karena pekaki layar utama dapat berayun melintasi kokpit dengan cepat, mencikar berpotensi berbahaya bagi manusia dan sistem tali layar dibandingkan dengan memirau. Oleh karena itu, pencikaran yang tidak disengaja harus dihindari dan teknik yang tepat harus diterapkan untuk mengendalikan manuver.

Pada manuver ini, layar utama akan melintasi bagian tengah perahu sedangkan layar cucur ditarik ke sisi lain perahu. Jika layar dastur sudah naik, tiangnya harus dipindahkan secara manual ke sisi lain, agar tetap berlawanan dengan layar utama. Pada kolek, meninggikan lunas pinggang dapat meningkatkan risiko terbalik saat melakukan manuver yang agak keras, meskipun kebalikannya berlaku pada sampan dengan profil lambung yang datar dan rata: menaikkan lunas pinggang akan mengurangi momen kemiringan selama manuver sehingga mengurangi risiko terbalik.

Bahaya[sunting | sunting sumber]

Mencikar bisa berbahaya pada perahu yang memiliki sistem layar depan-belakang karena layar selalu terisi penuh oleh angin selama manuver. Ketika arah angin melintasi garis tengah perahu dan sisi bawah angin dari layar utama dan pekaki tiba-tiba menjadi sisi angin yang baru, beban pada layar dan lembaran utama tetap tinggi; jika tidak terkendali, mereka dapat berayun melintasi geladak dengan kecepatan tinggi, menyerang dan melukai siapa pun yang menghalangi jalur pekaki layarnya. Pekaki layar yang tidak terkendali yang dibanting hingga batas jangkauannya juga dapat memberikan tekanan berlebihan pada sistem tali, dapat merusak pekaki layar atau tali-temali yang berdiri, atau menyebabkan pelepasan. Mencikar juga dapat mengakibatkan perubahan arah sudut kemiringan secara tiba-tiba, dan dapat menyebabkan perubahan arah yang tidak terduga karena gaya layar utama berubah dari satu sisi perahu ke sisi lainnya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Rousmaniere, John, Buku Pelaut Annapolis, Simon & Schuster, 1999, hal. 54–55, 101–102, 106–107, & 331
  • Chapman Book of Piloting (berbagai kontributor), Hearst Corporation, 1999, hal. 231 – 233
  • Herreshoff, Halsey (editor konsultasi), The Sailor's Handbook, Little Brown and Company, 1983, hal. 34–37, & 160
  • Seidman, David, Pelaut Lengkap, Kelautan Internasional, 1995, hal. 47–49,53, & 110
  • Jobson, Gary, Dasar-Dasar Berlayar, Simon & Schuster, 1987, hal. 41–45, 71, 77–78, 95, & 186