Menara Busan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Menara Busan
Pemandangan menara dari Taman Yongdusan
Peta
Tinggi120 m (390 ft)
Nama Korea
Hangul
부산타워
Alih AksaraBusan Tawo
McCune–ReischauerPusan T'awŏ

Menara Busan (Hangul부산타워) adalah menara dengan ketinggian 120 meter yang berada di Taman Yongdusan, tepatnya di Jung-gu, Busan, Korea Selatan.

Dibangun pertama kali pada tahun 1973, Menara Busan seringkali menjadi tujuan wisata bagi para pengunjung. Dengan menyuguhkan keindahan pemandangan dan panorama, bahkan Menara Busan juga dilengkapi dengan jejeran kafe kecil disekitarnya. Selain itu Menara Busan hanya bisa diakses selama jam kerja melalui 2 lift yang memiliki kecepatan tinggi. Menariknya dasar dari Menara Busan saling berhubungan dengan beberapa galeri dan toko souvenir sehingga lebih memudahkan pengunjung yang tertarik datang dan berbelanja. Untuk melihat keindahan pelabuhan kota, pengunjung dari berbagai penjuru sengaja datang dan menghabiskan waktu disana.[1]

Daya Tarik Menara Busan[sunting | sunting sumber]

Meskipun tidak setinggi menara Seoul, namun udara di Menara Busan[2] lebih bersih dan bebas dari polusi. Daya tarik yang ada di menara ini tidak lain adalah dapat melihat seluruh kota dari kejauhan. Tidak hanya itu saja, pengunjung juga akan bisa melihat kapal kargo yang sedang hilir mudik. Hal tersebut dikarenakan pelabuhan sekitar memang selalu sibuk setiap harinya. Dari sudut Menara Busan, pengunjung bisa melihat topografi Busan yang cukup beragam mulai dari Pegunungan Kapur, Lembah yang Luas, Perbukitan, hingga Pesisir Pantai. Seperti kebanyakan bukit di Korea, terdapat beberapa kuil peninggalan sejarak seperti salah satunya adalah Beomeosa. Selain itu dipuncak Menara Busan nantinya pengunjung dapat melihat pulau Tsushima di Jepang saat cuaca cerah.

Tidak hanya terkenal dengan Menaranya, Taman Yongdusan juga tidak kalah terkenal dan seringkali menjadi tempat orang berkumpul dan menghabiskan waktu bersama.

Taman Yongdusan selalu ramai terlebih saat sore hari. Hal ini dikarenakan tersedia beragam permainan anak, pedagang makanan, dan pemandangan yang indah. Jika akhir pekan tiba, taman Yongdusanan menjadi lebih ramai karena sering diadakan pertunjukan tari tradisional dan pertunjukan seni lainnya. Jam operasional Menara Busan saat April hingga Oktober dibuka mulai dari jam 08.30 pagi sampai jam 10.00 malam. Namun saat November hingga Maret, Menara Busan baru akan dibuka jam 09.00 pagi.[3]

Waktu Terbaik[sunting | sunting sumber]

Sebenarnya Taman Yongdusan dan Menara Busan dibuka sepanjang tahun, namun ada waktu terbaik yang direkomendasikan untuk datang kesana. Dimana selama musim gugur, mengingat banyak pohon ditaman menjadi salah satu waktu terbaik dan tepat untuk mengunjungi Menara Busan. Selain itu saat malam hari juga bisa menjadi waktu terbaik untuk mengunjunginya karena pemandangan saat malam lebih terkesan hangat dan romantis.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Menara Busan menjadi salah satu ikon di Busan, Korea Selatan
Pemandangan Kota dari Ketinggian
Keindahan pemandangan dari Menara Busan

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Lonely Planet. Busan Tower
  2. ^ Geografi. "Open Street Map". 
  3. ^ Cityawesome (2023). "Keindahan Menara Busan". Diakses tanggal Agustus 2023.