Memirau

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Memirau: Mengarungi kapal mengikuti arah angin.
Mengalahkan ke arah angin pada serangkaian paku payung kiri dan kanan, melakukan paku di antara masing-masing paku pada titik 1, 2, dan 3.

Memirau adalah suatu manuver berlayar yang dilakukan oleh kapal layar ( kapal layar, kapal es, atau kapal pesiar darat ), yang tujuan selanjutnya menuju angin, memutar haluannya ke arah dan melewati angin sehingga searah dengan arah datangnya angin. perubahan dari satu sisi perahu ke sisi lainnya, memungkinkan kemajuan ke arah yang diinginkan. [1] Kapal layar tidak dapat berlayar lebih tinggi dari sudut tertentu ke arah angin, sehingga "mengalahkan ke arah angin" secara zig-zag dengan serangkaian manuver memirau, memungkinkan kapal berlayar menuju tujuan yang lebih dekat dengan angin. kapal bisa langsung berlayar.

Mengalahkan ke arah angin[sunting | sunting sumber]

Layar dibatasi seberapa dekat dengan arah angin yang dapat menggerakkan kapal layar. Daerah yang menghadap angin yang membatasi batas tersebut disebut "zona larangan berlayar". Untuk melakukan perjalanan menuju tujuan yang berada dalam zona larangan berlayar, sebuah kapal harus melakukan serangkaian manuver zig-zag ke arah tersebut, mempertahankan jalur ke kanan atau kiri yang memungkinkan layar menghasilkan tenaga. Setiap aksi tersebut adalah sebuah "pirau". Tindakan peralihan dari satu pirau ke pirau lainnya disebut "memirau". [2] Berlayar pada serangkaian jalur yang dekat dengan batasan kapal terhadap arah angin ( jarak dekat ) disebut "mengalahkan ke arah angin". [3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Keegan, John (1989). The Price of AdmiraltyPerlu mendaftar (gratis). New York: Viking. hlm. 281. ISBN 0-670-81416-4. 
  2. ^ Sailing, American (2010-01-01). Sailing Made Easy: The Official Manual For The ASA 101 Basic Keelboat Sailing Course (dalam bahasa Inggris). American Sailing. hlm. 48–51. ISBN 978-0-9821025-0-3. 
  3. ^ Jobson, Gary (2008-09-08). Sailing Fundamentals (dalam bahasa Inggris). Simon and Schuster. hlm. 73. ISBN 978-1-4391-3678-2.