Melon kotak

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Melon kotak adalah buah melon yang berbentuk kotak. Indonesia adalah negara pertama yang memproduksi melon ini. Melon ini telah diakui di seluruh dunia atau disebut juga melon kotak pertama di dunia. Terobosan baru ini diciptakan oleh tim peneliti Mekarsari yang dipimpin oleh Ir. AF. Margianasari.[1]

Melon kotak sesungguhnya adalah melon hybrid (Cucumis melo) dari jenis Lightgreen Mekarsari yang merupakan hasil persilangan dan pemuliaan oleh tim peneliti Mekarsari. Daging buahnya berwarna kuning oranye dengan aroma manis yang khas.

Bentuk[sunting | sunting sumber]

Penampilan fisiknya berbentuk kubus dengan tinggi buahnya saat ini kurang lebih 12 cm, lebar 9 cm dan panjang 10 cm dan diperkirakan akan terus membesar mengikuti pertambahan usianya. Melon Kotak diperkirakan memiliki tingkat kemanisan mencapai 12,5° brix dalam perkiraan berat 1.200 gram.

Teknik pembuatan[sunting | sunting sumber]

Pembuatan melon kotak yaitu dengan cara memasukkan melon ke dalam kotak kubus plastik yang terbuat dari bahan kaca atau plastik akrilik sejak buah masih muda. Namun, tak ada rekayasa genetika, yang ada hanyalah rekayasa bentuk. Meskipun melon ini berbentuk kotak tetapi tetap memiliki rasa manis dan renyah seperti melon yang berbentuk bundar. Jadi perubahan bentuk ini tidak mepengaruhi kualitas rasanya.

Teknik pembuatannya, pertama-tama, benihnya ditanam di bak semai atau disebut dengan sistem hidroponik. Perlakuan khusus pada buah dilakukan pada hari ke 15 setelah penanaman. Dalam cetakan kotak, buahpun dibentuk. Dalam mengubah satu melon berbentuk kotak, diperlukan dua sampai tiga kali pergantian kotak untuk menyesuaikan berat dan besar melon, tidak langsung berhasil; tidak menutup kemungkinan akan ada buah dengan bentuk lain.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ [Trubus No 372 November]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]