Melanofor

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Melanaofor adalah sel pigmentasi yang memberikan warna hitam atau coklat pada kulit. Melanofor adalah salah satu bagian dari kromatofor.[1] Pigmen melanofor pada suatu spesies akan memberikan reaksi pada suatu kondisi cahaya yang terang.[2] Cahaya terang membuat melanofor berkumpul di sekitar nukleus.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Novita et al. (2019), hlm. 137."Kromatofor merupakan sel pigmen yang bertanggung jawab dalam perubahan warna pada berbagai spesies. Sel kromatofor yang terdapat pada ikan, antara lain melanofor untuk pigmentasi hitam atau coklat"
  2. ^ Rahmawati et al. (2016), hlm. 155."Ikan yang dipelihara pada lingkungan yang mendapat cahaya terang akan memberikan reaksi warna yang berbeda dengan ikan yang dipelihara di tempat gelap karena adanya perbedaan reaksi melanosom yang mengandung pigmen melanofor terhadap rangsangan cahaya yang ada"
  3. ^ Audina et al. (2017), hlm. 100."aktivitas melanofor yang berasosiasi dengan paparan cahaya terang dapat menyebabkan melanofor terkonsentrasi di sekitar nukleus."

Daftar Pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Novita; et al. (Februari 2019). "Efektivitas paparan spektrum cahaya lampu Light Emitting Diode (LED) terhadap pertumbuhan dan kualitas warna yuwana ikan badut, Amphiprion percula (Lacèpède, 1802)". Iktiologi Indonesia. 19 (1): 127–141. 
  • Rahmawati; et al. (2016). "Keragaman Pertumbuhan dan Warna Ikan Wild Betta (Betta sp.) dengan Rekayasa Intensitas Cahaya dan Warna Latar". Riset Akuakultur. 11 (2): 155–162. 
  • Audina; et al. (2017). "Tingkat Kecerahan Sisik Bagian Pangkal Caput, Dorsal dan Pangkal Caudal Ikan Barbodes lateristriga yang Ditemukan di Sungai Mentuka Kabupaten Sekadau". Protobiont. 6 (3): 98–101.