Mejatama

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Mejatama baja tahan karat

Mejatama atau atas meja (bahasa Inggris: countertop) adalah perabotan yang terdiri dari permukaan yang terangkat, kokoh, rata, dan mendatar. Ini dibuat untuk bekerja di dapur atau area persiapan makanan lainnya, kamar mandi atau toilet, dan ruang kerja pada umumnya. Permukaannya sering dipasang dan didukung oleh kabinet, diposisikan pada ketinggian yang ergonomis untuk pengguna dan tugas khusus yang dirancangnya. Sebuah mejatama dapat dibangun dari berbagai bahan dengan atribut fungsionalitas, daya tahan dan estetika yang berbeda, dan mungkin memiliki peralatan tertanam, atau aksesori yang berhubungan dengan penerapan yang dimaksud.

Mejatama dapur[sunting | sunting sumber]

Dapur umum bergaya Barat, yang dikembangkan pada awal abad ke-20, biasanya merupakan susunan unit lemari rakitan yang ditutupi dengan permukaan mejatama yang saling bersambung tidak terpisah. Gaya desain dapur "tidak terpasang" yang dicontohkan oleh Johnny Gray juga dapat mencakup permukaan mejatama yang terpisah dan/atau bervariasi yang dipasang pada struktur pendukung dasar yang terpisah. Pertimbangan utama pemilihan dan konformasi material adalah daya tahan, fungsionalitas, higienis, penampilan, dan biaya.

Mejatama laboratorium[sunting | sunting sumber]

Mejatama laboratorium dengan laci

Mejatama laboratorium adalah mejatama yang digunakan secara khusus dalam bidang sains untuk laboratorium pendidikan atau tujuan penelitian. Mereka dapat digunakan untuk menempatkan peralatan, perkakas, proyek dan bahan kimia . Karakteristik mejatama laboratorium umumnya ditentukan berdasarkan reagen atau bahan kimia korosif yang digunakan. Kegunaan mejatama akan berbeda tergantung pada apakah meja tersebut digunakan di laboratorium kimia, laboratorium fisika, laboratorium ilmu pangan, mikrobiologi, atau laboratorium biologi . Karakteristik umum mejatama laboratorium yang disukai adalah mejatsma yang kuat, tahan lama, dan tahan air, lembab, atau bahan kimia. Tergantung pada tujuan laboratorium, bahan tersebut mungkin juga diharuskan tahan terhadap asam atau suhu tinggi.

Referensi[sunting | sunting sumber]