Lompat ke isi

Mehrangiz Dowlatshahi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mehrangiz Dowlatshahi (13 Desember 1919 – 11 Oktober 2008) merupakan seorang aktivis sosial dan politikus iran yang memegang peranan penting. ia juga seorang duta besar iran dan menjabat sebagai anggota Majlis selama tiga periode. Berasal dari keluarga bangsawan progresif dan memiliki tanah besar. Mehrangiz merupakan salah satu perempuan iran pertama yang bersekolah di taman kanak-kanak pendidikan bersama dan kemudian lulus dari sekolah Zoroastrian di Taheran. ia meraih gelar sarjana dari universitas Berlin dan meraih gelar PhD di fakultas ilmu sosial dan ilmu politik dari Universitas Heidelberg.[1]

Karier[sunting | sunting sumber]

Mehrangiz mendirikan Jama'at-i Rah-i Naw pada tahun 1954 yang kemudian menjadi bagian dari Sindikat perempuan Internasional. Ia juga bekerja di organisasi pelayaran sosial dan organisasi yang mendukung narapidana. Ia juga meluncurkan program literasi orang dewasa di Taheran selatan.

Dowlatshahi dipilih sebagai presiden Dewan Perempuan Internasional yang menjabat pada tahun 1973 dan jabatannya berakhir pada tahun1976. Dia terpilih menjadi salah satu dari enam wakil perempuan Majlis pada tahun 1963 dan bertugas di sana sampai tahun 1975. Dia mewakili kermanshah di Majlis selama tiga periode. Ia berkontribusi besar terhadap disahkannya undang-undang perlindungan keluarga pada tahun 1967 dan perluasannya pada tahun 1974.  Ia juga menjabat sebagai menteri pertama urusan perempuan.  Ia menjadi duta besar wanita pertama Kekaisaran Iran untuk Denmark ketika ia diangkat ke pos tersebut pada tahun 1975.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Mehrangiz Dowlatshahi". Wikipedia (dalam bahasa Inggris). 2024-03-09.