Lompat ke isi

Medieval (film)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Medieval adalah sebuah film drama sejarah berbahasa Inggris dari Ceko yang dirilis pada tahun 2022 dan disutradarai oleh Petr Jákl.[1] Film tersebut menampilkan Ben Foster, Sophie Lowe, Michael Caine, Til Schweiger, Roland Møller, Matthew Goode, William Moseley, Karel Roden, Werner Daehn, Vinzenz Kiefer, Alistair Brammer, dan Magnus Samuelsson.[2]

Pada abad ke-14, Wenceslas IV dari Wangsa Luksemburg adalah raja Bohemia, Raja Jerman, dan kaisar Romawi pada saat yang sama. Wenceslas menerima takhta setelah ayahnya Charles IV, tetapi pemerintahannya tidak sesukses ayahnya, dan kerajaannya tampak hancur di bawah kekuasaannya yang lemah. Negara ini sebenarnya dikuasai oleh Henry III dari Rosenberg, bangsawan paling berkuasa di negara itu. Film ini mengikuti Jan Žižka, seorang ksatria, tentara bayaran, dan calon pemimpin tentara Husite yang memimpin sekelompok tentara bayaran.

Žižka diberi tugas oleh Lord Boresh untuk menculik tunangan Rosenberg, Katherine, yang akan memaksa Rosenberg untuk menepati janjinya dan membantu Wenceslas IV menjadi kaisar Kekaisaran Romawi Suci. Ini membuat Žižka terlibat dalam politik tingkat tinggi dan membawa konflik tidak hanya dengan Rosenberg tetapi juga dengan saudara Wenceslas, Raja Sigismund, yang mengirim tentara yang dipimpin oleh mentor Žižka, Torak, untuk mengambil kembali Katherine.

Torak dan anak buahnya membakar rumah Žižka, membunuh keponakannya, dan menculik saudaranya Jaroslav untuk ditukar dengan Katherine. Torak membuat jebakan, tetapi Žižka menggunakan bantuan petani lokal dan taktik yang hebat untuk mengalahkan anak buah Torak meskipun jumlahnya lebih sedikit. Žižka dan anak buahnya berhasil melarikan diri dengan Jaroslav dan Katherine. Mereka bersembunyi di sebuah gua terdekat tetapi disergap oleh Torak dan Žižka nyaris lolos, kehilangan matanya dalam pertarungan dengan Torak. Katherine merawatnya dari cedera. Torak mencari Žižka sambil meneror petani lokal. Akhirnya, anak buahnya berhasil menculik Katherine yang sudah jatuh cinta dengan Žižka.

Katherine dibawa ke kastil Rosenberg sementara Žižka dan anak buahnya menemukan Boresh yang terluka parah. Boresh mengungkapkan bahwa Sigismund menculik Raja Wenceslas. Saat dia sekarat, dia mengatakan bahwa dunia tidak dapat diubah menjadi lebih baik jika raja dapat melakukan hal-hal seperti itu. Žižka memutuskan untuk menyelamatkan Katherine. Dia dan anak buahnya masuk ke kastil dan Žižka berhadapan dengan Torak.

Referensi

[sunting | sunting sumber]