Maximiliano Rodríguez

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Templat:Infobox biografi pesepak bola Maximiliano Rubén Rodríguez (lahir di Rosario, Santa Fe, 2 Januari 1981; umur 35 tahun) adalah penyerang Argentina yang bertinggi badan 180 cm dan bermain di Newell's Old Boys serta berkewarganegaraan Argentina dan Italia.

Maxi pernah bermain untuk klub Oviedo, Espanyol, Atlético Madrid dan Liverpool[1] sebelum pada tahun 2012 kembali membela Newell's Old Boys, klub pertamanya.[2]

Karier Klub[sunting | sunting sumber]

Newells Old Boys[sunting | sunting sumber]

Maximiliano Ruben Rodríguez atau yang lebih dikenal dengan nama Maxi Rodríguez mengawali karier bersama klub Argentina, Newells Old Boys pada tahun 1999 sebelum pindah ke Spanyol dan bergabung dengan Real Oviedo pada tahun 2001.

Real Oviedo[sunting | sunting sumber]

Pada musim pertamanya di Oviedo, Maxi Rodríguez sempat dipinjamkan kembali ke Newells pada musim 2001-2002. Ketika masa pinjamannya berakhir dan kembali ke Spanyol, Maxi Rodríguez bergabung dengan Espanyol.

Espanyol (Pinjaman)[sunting | sunting sumber]

Debutnya bagi klub asal Barcelona itu saat menghadapi Real Madrid pada 2 September 2002 ketika Espanyol kalah 0-2. Maxi Rodríguez tercatat sebagai pencetak gol ke 2000 Espanyol dalam sejarah keikutsertaan mereka di Liga Spanyol.

Atletico Madrid[sunting | sunting sumber]

Pada awal musim 2005-2006, Maxi Rodríguez bergabung dengan Atletico Madrid dengan transfer senilai 7 juta euro.

Liverpool[sunting | sunting sumber]

Pada 15 Januari 2009, Maxi resmi bergabung dengan klub Inggris, Liverpool.

Internasional[sunting | sunting sumber]

Di timnas Argentina, Maxi Rodríguez merupakan anggota Tim Tango saat menjuarai Piala Dunia Junior 2001 bersama tim Argentina U-20. Nama Maxi Rodríguez menjadi pilihan pelatih timnas Argentina, Jose Pakerman, pada Piala Dunia 2006, mencetak dua gol pada babak penyisihan grup saat Argentina menang 6-0 atas Serbia dan Montenegro.

Di babak 16 besar, Maxi Rodríguez mencetak gol penentu kemenangan Argentina pada babak perpanjangan waktu menghadapi Meksiko. Gol yang membawa Argentina menang 2-1 itu terpilih sebagai gol terbaik FIFA di Piala Dunia 2006.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Maxi makes Reds move". Sky Sports. 13 January 2010. Diakses tanggal 13 January 2010. 
  2. ^ LFC confirm Maxi departure; Liverpool official website, 13 July 2012

Pranala luar[sunting | sunting sumber]