Mateusz Morawiecki

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Mateusz Morawiecki
Perdana Menteri Polandia Ke-17
Mulai menjabat
12 Desember 2017
Presiden Andrzej Duda
Menggantikan Beata Szydło
Wakil Perdana Menteri Polandia
Petahana
Mulai menjabat
16 November 2015
Presiden Andrzej Duda
Perdana Menteri Beata Szydło
Menteri Keuangan Polandia
Petahana
Mulai menjabat
28 September 2016
Perdana Menteri Beata Szydło
Pendahulu Paweł Szałamacha
Menteri Pembangunan Polandia
Petahana
Mulai menjabat
16 November 2015
Perdana Menteri Beata Szydło
Pendahulu Maria Wasiak (Infrastruktur dan Pembangunan)
Informasi pribadi
Lahir Mateusz Jakub Morawiecki
20 Juni 1968 (umur 49)
Wrocław, Polandia
Partai politik Partai Hukum dan Keadilan Polandia
Anak 4
Alma mater *Universitas Wrocław (BA)
*Universitas Sains dan Teknologi Wrocław
*Universitas Ekonomi Wrocław (MBA)
*Universitas Hamburg
*Universitas Basel (MAS)
Media sosial
Situs web http://mmorawiecki.pl/home/

Mateusz Jakub Morawiecki (lahir tanggal 20 Juni 1968) adalah seorang politikus Polandia, juga merupakan seorang Manejer,Banker, Ekonom, Pengacara, Sejarawan, dan baru-baru ini telah diangkat menjadi Perdana Menteri Polandia yang ke-17. Sebelumnya, dia menjabat sebagai Wakil Perdana Menteri Polandia, sempat juga menjabat sebagai Menteri Keuangan, Menteri Pembangungan Polandia, selama masa kabinet Beata Szydło. Dia juga sempat menjadi Ketua di Bank Zachodni WBK dari tahun 2007 sampai tahun 2015. Istrinya bernama Iwona mereka memiliki 4 orang anak: Aleksandra, Jeremiasz, Ignacy and Magda.[1][2]

Kehidupan Awal dan Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Mateusz Morawiecki lahir pada tanggal 20 Juni 1968, putra dari Kornel Morawiecki.


Pada usia 12 tahun, Morawiecki sudah aktif memperjuangkan kebebasan di Polandia, dan saat itu ia mulai terlibat dalam pemasangan iklan-iklan politik. Pada bulan Agustus 1980 dia menempelkan edisi poster "Lower Silesia Bulletin" (Buletin Hukum Silesia), di seluruh jalan Wrocław. Poster itu berisi daftar Permintaan dan seruan dari Gdansk untuk melakukan mogok kerja untuk mendukung demonstrasi di sebelah pantai utara.

Setelah terjadi darurat militer, ia aktif menjadi pencetak dan distributor majalah tentara bawah tanah. Meski berulang kali ditangkap dan dipukuli oleh polisi rahasia Służba Bezpieczeństwa (SB), dia terus berpartisipasi dalam demonstrasi politik sampai akhir 1980an. Sejak saat itu dia dipersiapkan menjadi orang penting SB di bawah arahan petugas SB. Dia menjadi editor "Lower Silesia Bulletin" dan juga aktivis Asosiasi Mahasiswa Independen. Pada tahun 1988 dan 1989 ia berpartisipasi dalam aksi Mogok kerja di University of Wroclaw. Dia juga salah satu pencetus sebuah Komunitas politik yang diberi nama "Bebas dan Solidaritas".

Morawiecki adalah alumnus dari Universitas Wrocław (Jurusan Sejarah, 1992), Universitas Teknologi Wrocław (1993), Universitas Ekonomi Wrocław (Jurusn bisnis administrasi, 1995), Universitas Hamburg (Jurusan Hukum dan Integrasi Ekonomi Eropa, 1995–1997) dan juga Universitas Basel (Jurusan Studi Eropa, 1995–1997). Sementara di Wrocław Tech, ia belajar di luar negeri di Central Connecticut State University dan menyelesaikan program studi lanjut di Kellog School of Management Universitas Northwestern.

Karier[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1991, Morawiecki mulai bekerja untuk Cogito Co., dan juga menciptakan dua perusahaan penerbitan, Reverentia dan Enter Marketing- Publishing. Pada tahun yang sama ia mendirikan majalah "Dwa Dni" (Dua Hari). Dia kemudian menjadi manajer dan editor utama di kantor publikasi tersebut. Pada tahun 1995 ia menyelesaikan magang di Deutsche Bundesbank sebagai Analisis Kredit, Restrukturisasi Keuangan, Pengawasan Perbankan serta Pengawasan Pasar Modal. Selama tahun 1996-1997 ia memimpin sebuah penelitian perbankan dan makroekonomi di Universitas Frankfurt. Pada tahun 1998, dia menjabat sebagai Wakil Direktur Departemen Perundingan Aksesi di Komite Integrasi Eropa, dia mengawasi dan berpartisipasi dalam negosiasi aksesi Polandia ke Uni Eropa di berbagai bidang, termasuk keuangan.

Bersama dengan Frank Emmert, dia adalah penulis buku teks pertama di bidang "Hukum Uni Eropa" yang diterbitkan di Polandia.

Selama tahun 1996-2004 ia bekerja sebagai dosen di Universitas Ekonomi di Wrocław, dan antara 1996-1998 juga di University of Technology. Dia menjadi anggota dewan penasehat kebijakan di berbagai institusi pendidikan tinggi. Selama tahun 1998-2001 dia adalah anggota dewan pengawas Wałbrzych Power Company, Dialog (penyedia layanan telepon lokal), serta Badan Pengembangan Industri. Dia adalah anggota Majelis Hukum regional Silesia, dari tahun 1998 sampai 2002.

Sejak November 1998, dia telah bekerja untuk BZWBK (Bank Zachodni WBK Group, Santander Group), di mana dia memulai kariernya sebagai Wakil Ketua Dewan Pengawas, sekaligus sebagai pengawas Biro Analisis Ekonomi dan Departemen Perdagangan Internasional. Pada tahun 2001 ia menjadi Managing Director, sekaligus anggota Dewan. Sejak 2007, Morawiecki pernah menjabat sebagai Ketua Bank Zachodni WBK

Dia menjadi Konsul Kehormatan Irlandia di Polandia, yang menjabat sejak 2008. Pada tahun 2013, Morawiecki dianugerahi Cross of Freedom and Solidarity. Dia juga telah mendapatkan banyak penghargaan lainnya oleh institusi seperti klub ekonomi, universitas, perusahaan penerbitan, dan institusi budaya nasional.

Sejak 16 November 2015, Morawiecki menjadi Wakil Perdana Menteri di Kementerian Pembangunan (Polandia), dalam kabinet Beata Szydło sampai 2016. Pada bulan Maret 2016 ia bergabung dengan Partai Hukum dan Keadilan.

Menteri Keuangan[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 28 September 2016, Morawiecki ditunjuk sebagai Menteri Keuangan dan menjadi salah satu anggota pemerintahan Beata Szydło yang paling kuat, yang bertanggung jawab atas anggaran, keuangan pemerintah, dana Uni Eropa, dan kebijakan ekonomi secara keseluruhan.[3]

Sebelumnya pada tahun 2016, Morawiecki menggagas sebuah wacana dengan nama 'Rencana Pertanggungjawaban Pemerintah' ambisius, yang dikenal dengan sebutan "Rencana Morawiecki" (“Morawiecki Plan”),[4] bertujuan untuk merangsang pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan pendapatan untuk mendanai rencana pengeluaran pemerintah yang murah, termasuk program "Family 500+" untuk semua keluarga dengan memiliki dua anak atau lebih. Pada tanggal 18 dan 19 Maret 2017, Morawiecki mengambil bagian dalam pertemuan Menteri Keuangan G20 di Baden-Baden sebagai wakil Polandia pertama dalam sejatahnya di KTT.[5][6]

Perdana Menteri[sunting | sunting sumber]

Pada tanggal 7 Desember 2017, dia dilantik menjadi Perdana Menteri Polandia yang ke-17.[7]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mateusz Morawiecki – od rewolucjonisty do milionera i wicepremiera. wyborcza.pl, 12 listopada 2015.
  2. ^ "Oto rodzina Morawieckiego. Uchylamy rąbka tajemnicy!". Diakses tanggal 2017-12-09. 
  3. ^ "Polish reshuffle puts sights on prime minister" (dalam bahasa Inggris). POLITICO. 29 September 2016. Diakses tanggal 21 Oktober 2016. 
  4. ^ "Trillions needed to modernise Poland: deputy minister" (dalam bahasa Inggris). Radio Poland. 30 September 2016. Diakses tanggal 21 October 2016. 
  5. ^ "Morawiecki wśród ministrów finansów G20 - Gospodarka - rp.pl". Diakses tanggal 2017-03-31. 
  6. ^ "Rzeczy, które musisz wiedzieć o szczycie G20 | Ze świata". TVN24 BiS (dalam bahasa Polski). Diakses tanggal 2017-03-31. 
  7. ^ "Komitet Polityczny PiS desygnował Mateusza Morawieckiego na Premiera". Prawo i Sprawiedliwość. Diakses tanggal 7 December 2017. 

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]

Jabatan politik
Didahului oleh:
Paweł Szałamacha
Menteri Keuangan Polandia
2016–sekarang
Petahana