Mata Air Sendang Waluyo Jati

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mata Air Sendang Waluyo Jati adalah salah satu lokasi wisata religi yang ada di Ponorogo.[1] Lokasi ini merupakan tempat ibadah bagi penganut Katolik.

Tempat ini disebut juga dengan Gua Maria atau Gua Maria Fatima Sendang Waluyo Jatiningsih. Disebut pula dengan Gua Maria karena ada sebuah gua kecil di sekitarnya yang menjadi tujuan ziarah keagamaan.

Mata Air Sendang Waluyo Jati ini terletak di Desa Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo. Lokasinya berada di sekitar 30 kilometer di sebelah timur kota Ponorogo. Bagi yang ingin mengunjungi tempat ini bisa menuju ke arah Kecamatan Pulung yang kemudian menuju ke Kecamatan Sooko hingga mencapai Desa Klepu.

Keberadaan Mata Air Sendang Waluyo Jati ini berasal dari prakarsa seorang warga yang tinggal di dekat lokasi sumber mata air tersebut. Di saat itu warga Klepu yang mayoritas beragama Katolik memiliki kebiasaan untuk berdoa dari rumah ke rumah dengan dipimpin oleh Kepala Desa. Namun ketika hendak menuju ke rumah seorang warga, para warga yang melewati mata air ini lalu menganggap tempat ini angker dan menjadikan kebiasaan untuk tirakatan setiap malam Jumat. Kemudian kebiasaan ini menjadi diikuti oleh warga yang lainnya. Untuk selanjutnya tempat ini diubah menjadi kegiatan yang lebih besar hingga menjadi daerah tujuan wisata religi bahkan dari warga Katolik dari daerah lain.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mingguan hidup. Yayasan Hidup Katolik. 2003.