Masyarakat Politik Eropa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Masyarakat Politik Eropa (EPC) diusulkan pada tahun 1952 sebagai kombinasi dari Masyarakat Batu Bara dan Baja Eropa (ECSC) dan Komunitas Pertahanan Eropa (EDC). Rancangan perjanjian EPC, sebagaimana disusun oleh Majelis ECSC (sekarang Parlemen Eropa), yaitu majelis yang dipilih secara langsung ("Dewan Rakyat"), senat yang ditunjuk oleh parlemen nasional dan eksekutif supranasional yang bertanggung jawab kepada parlemen.

Proyek Masyarakat Politik Eropa gagal pada tahun 1954 ketika menjadi jelas bahwa Komunitas Pertahanan Eropa tidak diratifikasi oleh Majelis Nasional Prancis, yang dikhawatirkan bahwa proyek tersebut menyebabkan hilangnya kedaulatan nasional. Akibatnya, gagasan Masyarakat Politik Eropa harus ditinggalkan.[1][2]

Setelah runtuhnya EPC, para pemimpin Eropa bertemu di Konferensi Messina pada tahun 1955 dan membentuk Komite Spaak yang membuka jalan bagi terciptanya Masyarakat Ekonomi Eropa. (EEC).

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Richard T. Griffiths Europe's first constitution: the European Political Community, 1952–1954 in Stephen Martin, editor.
  2. ^ European Political Community

Pranala luar[sunting | sunting sumber]