Masri Nur

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Masri Nur
Lahir1953
Indonesia Kurai Taji, Padang Pariaman, Sumatera Barat
KebangsaanIndonesia Indonesia
PekerjaanPengusaha
Suami/istriMurni
AnakDeby Masri
Orang tuaNurdin (ayah) dan Aisjah (ibu)

Masri Nur (lahir di Kurai Taji, Padang Pariaman, Sumatera Barat tahun 1953) adalah seorang pengusaha Indonesia. Masri merupakan pemilik Hotel Madani Medan dan Plaza Gelora Medan. Ia juga adalah pendiri lembaga pendidikan Islam Darul Ilmi Murni di kota Medan, Sumatera Utara

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Masri merupakan anak pasangan Minangkabau, H. Nurdin (ayah) dan Hj. Aisjah (ibu). Ayahnya merupakan seorang pedagang kelontong di Pariaman, Sumatera Barat.[1] Dia merantau ke Medan pada usia 16 tahun. Setibanya di Medan ia bekerja sebagai calo bus antar kota. Kemudian ia membuka toko jahitan dengan nama Gelora. Sukses sebagai penjahit, ia juga merambah bisnis konveksi dan kemudian membangun kompleks Plaza Gelora. Selain memiliki pasar swalayan, plaza ini merupakan pusat penjualan aneka produk konveksi seperti baju seragam, baju olahraga, pakaian adat, dan pakaian muslim.

Kemudian ia membangun Hotel Madani yang berkonsep syariah.[2] Hotel ini kini menjadi salah satu hotel ternama di Medan, dengan tingkat hunian yang cukup tinggi.[3] Kini banyak bisnisnya yang telah dikelola oleh putrinya, Deby Masri.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Masri Nur menikah pada tahun 1974 dengan seorang wanita bernama Murni.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Sumber[sunting | sunting sumber]

  • Swa Sembada vol. 25 no. 17 (Sep. 2009), H. Masri Nur: Sukses Berbekal Keyakinan