Masjid Merah Panjunan

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Masjid Panjunan)
Masjid Merah Panjunan
Informasi umum
LetakCirebon
Afiliasi agamaIslamSyiah
Provinsi Jawa Barat
Negara Indonesia
Deskripsi arsitektur
Jenis arsitekturMasjid
Gaya arsitekturArab-Tionghoa
Peletakan batu pertama1480
Rampung1949
Spesifikasi
Kapasitas400 Jemaah
Menara6
Tinggi menara40 meter

Masjid Merah Panjunan adalah sebuah masjid berarsitektur Arab-Tionghoa yang berada di Kota Cirebon, Jawa Barat. Masjid ini direnovasi dan dinamai ulang sesuai nama jalan tempat masjid ini dibangun yaitu Jalan Panjunan. Masjid Merah Panjunan ini telah dimasukkan sebagai benda cagar budaya.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Masjid ini merupakan sebuah masjid berumur sangat tua yang didirikan pada tahun 1480 oleh Syarif Abdurrahman atau Pangeran Panjunan. Ia adalah seorang keturunan Arab yang memimpin sekelompok imigran dari Bagdad, dan kemudian menjadi murid Sunan Gunung Jati. Masjid Merah Panjunan terletak di sebuah sudut jalan di Kampung Panjunan, kampung di mana terdapat banyak pengrajin tembikar atau jun.

Masjid Panjunan semula bernama Musholla Al-Athya namun karena pagarnya yang terbuat dari bata merah menjadikan masjid ini lebih terkenal dengan sebutan Masjid Merah Panjunan. Awalnya masjid ini merupakan tajug atau musholla sederhana, karena lingkungan tersebut adalah tempat bertemunya pedagang dari berbagai suku bangsa.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]