Masjid Agung Baitul Hikmah

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Masjid Agung Baitul Hikmah
مسجد بيت الحكمة
Agama
AfiliasiIslamSunni
Provinsi Kalimantan Timur
Lokasi
LokasiKabupaten Berau
Negara Indonesia
Arsitektur
TipeMasjid
Gaya arsitekturTimur Tengah,Turki Utsmani dan Mughal
Didirikan(Tidak diketahui karena Masjid ini awalnya sudah ada sebelum 2002)
Rampung31 Desember 2004 (Ini selesai Renovasi menjadi lebih Modern)
Spesifikasi
Kapasitas10.000 Jamaah
Kubah1 Di Bangunan Utama masjid dan 19 Hiasan
Menara5

Masjid Agung Baitul Hikmah (bahasa Arab: مسجد بيت الحكمة ) (bahasa Indonesia: Masjid Agung Baitul Hikmah) adalah sebuah masjid yang berada di Kota Tanjung Redeb , Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Indonesia.


Masjid Agung Baitul Hikmah mulai dibangun tahun 2002 dan diresmikan pada tanggal 17 Ramadhan 1425 Hijriyah / 31 Desember 2004 Masehi. Menyusul kemudian peresmian perpustakaan di masjid ini pada tanggal 1 Ramadhan 1432 H/01 Agustus 2011 M Oleh Bupati Berau. Selain perpustakaan, masjid ini juga memiliki klinik pengobatan gratis orang tidak mampu yang didanai oleh Badan Amil Zakat Pusat.

Sejak berdiri, Masjid Agung Baitul Hikmah telah menjadi landmak baru bagi Tanjung Redeb dan kabupaten Berau. Tak salah, karena bengunan masjid ini begitu megah dan tampil begitu menyolok di tengah tengah kota Tanjung Redep. Arsitekturnya memang menawan dipandang mata, warna hijau yang mendominasi warna masjid ini senada dengan landscape kabupaten berau yang memang masih di dominasi oleh hijaunya hutan perawan.

Masjid Agung Berau terdiri dari bangunan utama Masjid, ditambah dengan pelataran dikelilingi koridor dan satu menara tertinggi terpisah dari bangunan utama. Bangunan utama masjid Agung Baitul Hikmah berdenah segi empat dengan kubah besar di atapnya. Ada empat menara masing msing setinggi 40 meter di ke empat penjuru masjid. Ada beranda berukuran besar di tempatkan disi sisi timur bangunan utama masjid mengayomi pintu utama yang menghadap langsung ke pelataran tengah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Rindu Masjid: Masjid Agung Baitul Hikmah Tanjung Redeb". bujangmasjid.blogspot.com. 22 Oktober 2017. Diakses tanggal 21 April 2023.