Markgrafschaft Kärnten

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Kekaisaran Romawi Suci selama abad kesepuluh. Wilayah Markgrafschaft Kärnten ditandai dengan warna biru garis-garis di kanan bawah.

Markgrafschaft Kärnten adalah sebuah wilayah perbatasan (mark) Kekaisaran Karoling yang didirikan pada tahun 889. Sebelumnya, wilayah ini merupakan sebuah kepangeranan merdeka yang dikuasai oleh penguasa-penguasa Slavia, tetapi kemudian tunduk kepada Bayern dan Franka. Negeri ini sempat terbagi menjadi beberapa wilayah, tetapi setelah penguasa Kärnten yang bernama Arnulf dari Kärnten mengambil alih tahta Francia Timur, wilayah-wilayah ini disatukan kembali untuk menghadapi serangan orang Slavia dari Kroasia Pannonia. Setelah status markgrafschaft ini diangkat menjadi kadipaten pada tahun 976, didirikan sebuah markgrafschaft baru untuk melindungi kadipaten tersebut, yaitu Markgrafschaft Steiermark.

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Semple, Ellen Churchill (1915). "The Barrier Boundary of the Mediterranean Basin and Its Northern Breaches as Factors in History". Annals of the Association of American Geographers. 5: 27–59. doi:10.1080/00045601509357037. 
  • Reuter, Timothy (trans.) The Annals of Fulda Diarsipkan 2007-03-12 di Wayback Machine. [AF]. (Manchester Medieval series, Ninth-Century Histories, Volume II.) Manchester: Manchester University Press, 1992.
  • Reuter, Timothy. Germany in the Early Middle Ages 800–1056. New York: Longman, 1991.
  • MacLean, Simon. Kingship and Politics in the Late Ninth Century: Charles the Fat and the end of the Carolingian Empire. Cambridge University Press: 2003.