Marka, Somalia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Pemandangan kota Marka, Somalia

Marka (مركة) adalah sebuah kota pelabuhan di pantai selatan Somalia. Kota ini menghadap Samudera Hindia. Ini adalah kota utama di wilayah Shabeellaha Hoose yang terletak sekitar 70 km sebelah barat daya dari ibukota Mogadishu.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Marka didirikan pada abad ke-5 oleh klan Biyomaal klan. Yang pertama Somalia tiba di kota pada abad ke-3 SM dan menguasai daerah dan perdagangan lokal. Kota Merka adalah salah satu dari beberapa pusat-pusat pemerintahan terkemuka di Kesultanan Ajuuraan.

Biyomaal dan Ashraaf dari Merca berjuang melawan penjajah Italia di Somaliland dalam perang dua puluh tahun yang dikenal sebagai Revolusi Biyomaal dan Ashraaf dimana banyak prajurit mereka dibunuh gubernur Italia. Selama Pemberontakan Biyomaal dan Ashraaf beberapa tokoh pemimpin tewas. Monumen didirikan dalam memori mereka masih dapat ditemukan di Merca. Pada akhir abad 20, kota mendapat reputasi sebagai resor pantai. Pada tanggal 13 November 2008 Al-Shabaab menguasai kota itu kemudian direbut kembali pada tanggal 27 Agustus 2012 oleh Tentara Nasional Somalia yang dibantu oleh tentara AMISOM.[1]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Alan Boswell, Abdi Ibrahim (27 August 2012). "Al Shabab flees Somali port of Merca ahead of African Union troops". McClatchy Newspapers. Diarsipkan dari versi asli tanggal 8 December 2012. Diakses tanggal 28 August 2012. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]