Marie Luise Kaschnitz

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Jump to navigation Jump to search

Marie Luise Kaschnitz (1901-1974) adalah seorang penulis dan penyair berkebangsaan Jerman, yang lahir pada tahun tanggal 31 Januari 1901, di Karlsruhe, dekat Black Forest, Jerman. Ia terlahir dengan nama Marie Luise von Holzing-Berslett.[1] Marie adalah anak ketiga dari pasangan Max Freiherr von Holzing Berstett dan Elsa von Seldeneck. Ia mempunyai dua kakak perempuan dan satu adik laki-laki. Ayahnya adalah seorang aparat keamanan yang kemudian naik pangkat menjadi Mayor Jenderal. Marie dibesarkan di kota Postdam dan Berlin. Walaupun berasal dari keluarga kaya dan terdidik, ia tidak mengalami masa kanak-kanak yang harmonis. Marie tumbuh sebagai anak yang sensitif, pemalu, dan enggan berada jauh dari orang tua.

Pada tahun 1914, setelah terjadi peristiwa pembunuhan atas pewaris tahta Austria, Marie tertarik mempelajari tentang perang Jerman. Saat itu ia bersekolah di Berlin dan tinggal di asrama. Keluarga Marie pindah ke kediaman keluarga Bollschweil di Freiburg, Black Forest, setelah perang berakhir. Perceraian kedua orang tuanya membuat Marie dan saudara-saudaranya memutuskan untuk hidup mandiri.[1]

Marie kemudian menjadi pegawai magang sebagai penjual buku pada toko buku “Thelemannsche” di kota Weimar. Ia kemudian pindah kerja pada Firma Hukum O.C di kota Munich. Aktivitas tersebut ia lakukan pada kurun waktu 1921 – 1924. Ia kemudian pindah ke kota Roma dan bekerja pada seorang kolektor barang antik bernama Leonardo S. Olschki pada tahun 1925.[1] Ia menikah dengan seorang arkeolog yang berasal dari Wina bernama Guido von Kaschnitz-Weinberg. Selanjutnya ia mendampingi suaminya berpergian dari kota ke kota untuk mengajar arkeologi.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Pietocha, Markus Hohmann;Anna. "Kaschnitz - Zum Hundertsten". www.kaschnitz.de. Diakses tanggal 2017-11-08.