Marie Karoline von Fuchs-Mollard

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marie Karoline von Fuchs-Mollard
Lahir(1675-01-14)14 Januari 1675
Meninggal27 April 1754(1754-04-27) (umur 73)
Suami/istriGraf Christoph Ernst von Fuchs
Orang tuaFerdinand Ernst Graf Mollard and Katharina von Seeau

Gräfin Marie Karoline von Fuchs-Mollard (14 Januari 1681 – 27 April 1754), juga dikenal dengan sebutan Charlotte, adalah seorang wanita yang pernah mendidik Maria Theresia.

Ia dilahirkan di kota Wina dan masuk ke istana sebagai dayang Maria Anna dari Austria, putri Kaisar Leopold I. Pada tahun 1710, Marie Karoline menikahi Graf Christoph Ernst von Fuchs, dan mereka dikaruniai dua anak perempuan.

Maharani Elisabeth Christine menugaskan Marie Karoline untuk mendidik Maria Theresia, calon penerus Monarki Habsburg, setelah ia lahir pada tahun 1717. Gräfin Fuchs mengajarkannya etiket dan dapat dianggap sebagai orang yang membesarkannya. Maka dari itu, hubungan Maria Theresia dengan Gräfin Fuchs sangatlah erat.

Setelah Maria Theresia menggantikan ayahnya sebagai penguasa Hungaria, Bohemia, dan Austria, ia menganugerahkan puri Fuchsschlössl kepada Gräfin Fuchs. Setelah Gräfin Fuchs meninggal dunia, Maria Theresia juga memerintahkan agar jenazahnya disemayamkan di Kaisergruft, padahal ruangan bawah tanah itu hanya dipakai untuk pemakaman anggota keluarga Wangsa Habsburg.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]