Marie Equi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marie Equi lahir pada tahun 1872 di New Bedford, Massachussectts dari pasangan John Aque dan Sarah Mullins Aque. John berasal dari Inggris dan tiba di New Bedford pada tahun 1853 saat usia 12 tahun dari Italia dan mengikuti kakak laki-lakinya menjadi tukang batu di New Bedford. Ibu Marie, Sarah pindah ke New Bedford bersama Ibunya pada usia Sembilan tahun pada tahun 1858 dari Irlandia di mana kedua orangtuanya menentang pemerintahan Inggris. John dan Sarah menikah pada bulan April 1866. Kemudian Sarah memiliki 11 anak dalam 16 tahun. Beberapa anak Sarah meninggal sebelum dewasa karena penyakit.

Ayah Equi bekerja sebagai tukang batu yang bangga atas partisipasinya pada pembangunan Gereja Katolik Martir St. Lawrence di County Street. John Aque kadang memberi makan pada para pemogok makan sementara Marie mendengarkan cerita mereka.

Marie Equi digambarkan oleh guru-gurunya sebagai orang yang cerdas namun juga pembuat onar. Mari Equi menjalani pendidikan sporadic setelah tahun pertamanya di Sekolah Menengah New Bedford, dia keluar untuk bekerja di pabrik tekstil untuk membantu kehidupan keluarganya.

Betsey Bell Holcomb, teman di Sekolah Menengah New Bedford, yang lebih tua beberapa tahun dari Marie membantu membayar uang sekolah Marie selama satu tahun di Seminary Northfield untuk remaja putri di Massachussets Tengah utara. Pada tahun kedua, Marie tidak mendapat beasiswa dan temannya tidak mampu membantu lagi. Marie kembali pada keluarganya. Pada saat usia 20 tahun Mari meninggalkan New Bedford dan bertemu Holcomb di Oregon dan tinggal di wisma yang disediakan di Oregon Donation Land Act dari tahun 1850.

Karir[sunting | sunting sumber]

Marie Equi memiliki perhatian besar pada dunia kesehatan. Ia dapat bertahan dari penyakit tuberculosis saat masih kecil dan dia melihat ketiga saudaranya meninggal karena penyakit tersebut. Ia adalah satu-satunya dokter perempuan yang tergabung di Oregon Doctor Train. Pada saat itu misi Equi adalah bertanggung jawab dalam kebakaran di San Fransisco tahun 1906 dan gempa bumi. Equi ditempatkan di Rumah Sakit Tentara America di Presidio. Dia kemudian ditempatkan dalam usaha kemanusiaan tentara Amerika. Equi juga ikut serta dalam Asosiasi Kesehatan Amerika.

Equi belajar tentang pelanggaran ketenagakerjaan dari kelas kerja pasien dan kemudian ikut serta dalam demo. Lebih dari 20 tahun dia berfokus pada kesehatan perempuan dan anak-anak. Akan tetapi. Dia juga menyediakan fasilitas aborsi bagi perempuan yang mampu maupun tidak.

Equi menyumbangkan buklet Keterbatasan Keluarga Margaret H. Sanger. Buklet tersebut diterbitkan pada tahun 1916, buklet tersebut berisi saran dan fakta medis mengenai pengendalian kelahiran dan keluarga berencana yang secara khusus ditujukan untuk keluarga kelas pekerja. Secara cerdas Marie Equi berinventasi pada utilitas dan saham asing serta mengembangkan propertinya hingga hamper $850.000 dalam mata uang modern.

Aktivis[sunting | sunting sumber]

"It's very easy to attend a civic lunch, listen to a number of complimentary speeches from well-mannered and admiring people, while you wear your best clothes and play the part of hero. but to go out and mount a soap boax and declare was against the organized forces of capitalism is quite a different matter" - Marie Equi[1]

Equi juga seorang aktivis sosial. Dia menjunjung tinggi kehidupan dan martabat manusia daitas segalanya. Ia mendukung keluarga berencana, reformasi tenaga kerja, hak pilih perempuan, dan pemberian upah yang adil. Equi terdaftar sebagai salah satu perempuan Oregon awal yang memiliki hak memilih dan menjadi juri. Ia ditangkap pada tanggal 30 Juni 1919 karena melakukan protes di parade kesiapsiagaan perang. Berdasarkan Undang-Undang Spionase, ia didakwa melakukan penghasutan dan dijatuhi hukuman tiga tahun penjara. Namun, Presiden Woodrow Wilson mengurangi masa hukumannya menjadi satu tahun satu hari karena dia berperilaku baik setelah sepuluh bulan dipenjara.

Equi memfokuskan aktivitasnya di Portland sebagai anggota pekerja industri dunia atau Wobblies serta menjadi anggota partai progresif. Pada akhirnya dia menggunakan pengaruh sosialnya untuk mengajak masyarakat melakukan protes ketika anggota serikat pekerja akan dikeluarkan dari kotak sabun mereka. Pada tanggal 24 Desember 1933, Presiden Franklin D. Roosevelt memberikan pengampunan oada Equi dan orang Amerika lainnya yang dihukum karena penghasutan pada masa perang.[2]

Pada tahun 1934, Equi mendukung pemogokan pekerja Pantai Barat dan pemogokan maritim. Selama dirawat di rumah sakit pada tahun 1950, pekerja pelabuhan mengiriminya mawar merah. Putri Marie, Mary, merawatnya di Oregon ketika kesehatannya menurun. Pada 13 Juli 1952, pada usia 80 tahun, marie meninggal di Portland dan dimakamkan disana. Aktivis buruh Oregon, Julia Ruutlia, mengenang Marie sebagai “teman sejati orang-orang miskin di dunia ini”.[3]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Jelsing, Nadine (2023-03-13). [www.opb.org/article/2023/03/13/portland-oregon-history-dr.marie-equi-lesbian-labor-activist "Physician, Lesbian, radical labor activist-the passions of Portland's Dr. Marie Equi"] Periksa nilai |url= (bantuan). opb.org. Diakses tanggal 2023-11-28. 
  2. ^ "Dr. Marie Equi". National Park Service. Diakses tanggal 2023-11-29. 
  3. ^ O'leary, Ann. "Marie Equi". Lighting The Way Historic Women of The Southcoast. Diakses tanggal 2023-11-28.