Mariana Rondon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Mariana Rondón (kelahiran 1966 di Barquisimeto, negara bagian Lara) adalah seorang sutradara, penulis latar, produser dan artis visual Venezuela. Ia belajar di Escuela Internacional de Cine y Televisión (Sekolah Internasional San Antonio de los Baños), di Kuba, dan kemudian animasi di Prancis. Pada 1990, ia membuat Perusahaan Multinasional Andea “Sudaca Films” bersama dengan apra pembuat film Amerika Latin lainnya.

Sinematografi[sunting | sunting sumber]

Beberapa karyanya adalah Calle 22 (Street 22), sebuah film pendek yang memenangkan sebuah penghargaan di Festival Biarritz pada 1994 dan A la media noche y media (At Midnight and a Half) pada 1999.

Pada 2007, ia menyutradarai dan memproduksi Postales de Leningrado (Postcards From Leningrad), sebuah autobiografi (orangtuanya adalah anggota gerakan gerilya Venezuela Fuerzas Armadas de Liberación Nacional (FALN)[1]) yang dianugerahi Penghargaan “Abrazo” di Festival Budaya dan Sinema Amerika Latin di Biarritz.

Pada 2013, ia merilis film barunya Pelo Malo (Bad Hair), yang memenangkan penghargaan Golden Shell[2] di Festival Film San Sebastian ke-61.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]