Maria Prymachenko

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Maria Prymachenko adalah seniman dan pelukis Ukraina yang diakui secara internasional atas kontribusinya di bidang seni dalam khasanah budaya Ukraina. Lahir pada tahun 1908 di desa Bolotnya, Ukraina, Prymachenko menunjukkan bakat seni sejak kecil, namun ia hanya memulai kariernya sebagai seniman setelah pensiun dari pekerjaannya sebagai seorang petani pada usia 57.

Karya Prymachenko terinspirasi dari dunia alam dan tradisi Ukraina dan mencerminkan nuansa dalam mitos dan legenda kuno Ukraina, seperti satu tangkai bunga matahari mengingatkan pada jamur beracun atau seekor kuda menjadi patung unik dengan kaki-kaki pohon yang bergelombang. Dia menggunakan kepiawaian teknik yang tidak lazim seperti menanam bibit sayuran di atas kanvas dan mencampurkan warna yang kontras seperti merah terang dan biru hijau.

Prymachenko meninggal pada usia 80 tahun pada tahun 1997, namun karyanya tetap dikenang dan terus menjadi sumber inspirasi dalam seni Ukraina modern dan menginspirasi banyak pelukis muda di Ukraina dan di seluruh dunia. Karya Prymachenko juga menjadi titik balik dalam budaya rakyat Ukraina, di mana seni dan tradisi rakyat kembali menjadi populer. Meskipun Prymachenko tidak memiliki pendidikan formal sebagai seniman dan mulai berkarya setelah usianya yang agak tua, ia menunjukkan kepada dunia bahwa bakat dan peluang datang pada segala usia. Karyanya masih dipamerkan di museum dan galeri seni terkemuka di Ukraina dan luar negeri dan ia diakui sebagai salah satu seniman terbesar Ukraina.