Margaret Mahler

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Margaret S. Mahler (lahir 10 Mei 1897 – meninggal 2 Oktober 1985 pada umur 88 tahun) berasal dari Sopron, Hungaria, belajar kedokteran di Jerman. Ia membangun klinik bimbingan anak dengan pendekatan psikoanalisis yang pertama di Wina, kemudian meninggalkan Eropa untuk pergi ke Amerika Seikat tahun 1938. Pada tahun 1940 ia mulai mengatur kembali pelayanan anak-anak untuk Lembaga Psikiatrik New York State dan Universitas Columbia. Paling akhir ia merupakan profesor psikiatri klinis di Albert Einstein College di New york.

Machler merupakan salah satu pelopor paling awal di dalam pengenalan dan diagnosis skizofrenia masa kanak-kanak. Ia adalah pendukung awal desain perawatan yang meliputi ibu, anak-anak, dan para penerapi. Minat-minat lainnya meliputi gangguan mobilitas, khususnya gerak-gerak gerenyet (tics) simptomatik, baik pada anak maupunpada orang dewasa. Ia merumuskan konsep mengenai proses pemisahan individual dan bagaimana hal ini dapat menyumbang kepada pembentukan identitas. Bila proses ini terganggu, Muhler beranggapan, suatu proses psikotik simbiotik dapat berkembang.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Baihaqi, MIF (2014). Ensiklopedi Tokoh Pendidikan Luar Biasa. Bandung: Direktorat Jenderal Nilai Budaya Seni dan Film, Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa. hlm. 279.