Marcia trionfale (Hallmayer)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
"Marcia trionfale"

Lagu kebangsaan  Negara Gereja
KomponisVittorino Hallmayr, 1857
Penggunaan1857
Pencabutan1870
Sampel audio
Berkas:Gran Marcia Trionfale (Vittorino Hallmayr).ogg
"Gran marcia trionfale"
Sampel audio
Berkas:Gran Marcia Trionfale (Vittorino Hallmayr).ogg
Marcia trionfale

Marcia trionfale (dalam bahasa Italia berarti "Mars Kemenangan") adalah lagu kebangsaan Negara Gereja yang menggantikan Noi vogliam Dio, Vergine Maria pada tahun 1857. Lagu ini ditulis pada tahun yang sama oleh Viktorin Hallmayer yang saat menjadi konduktor band infanteri ke-47 Austria yang ditempatkan di Negara Gereja.[1][2]

Marcia dimainkan untuk pertama kalinya pada sore hari tanggal 9 Juni 1857 untuk merayakan masuknya Paus Pius IX ke kota Bologna. Lagu ini langsung menjadi populer dan dimainkan berkali-kali selama perjalanan Paus ke Firenze dan kota-kota Italia tengah lainnya, dan juga saat ia kembali ke Roma pada tanggal 5 September 1857. Musiknya juga dimainkan di jalanan Roma untuk merayakan Perjanjian Lateran antara Paus dengan Kerajaan Italia pada tanggal 11 Februari 1929.

Musik Marcia yang semarak dan seperti walz merupakan gaya komposisi yang populer pada saat itu, tetapi pada malam Tahun Suci 1950 Paus Pius XII memutuskan untuk menggantikan lagu ini dengan Marche Pontificale (digubah tahun 1869) karya Charles Gounod yang terdengar lebih religius.[1] Marcia dimainkan secara resmi untuk terakhir kalinya pada Malam Natal tahun 1949.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]