Lompat ke isi

Marcelina Bautista

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Marcelina Bautista (lahir 25 April 1966) adalah seorang aktivis hak asasi manusia asal Mexico. Marcelina memimpin gerakan untuk meningkatkan satus sosial pekerja rumah tangga agar mendapatkan hak-hak yang sama denga pekerja di bidang lainnya. Marcelina Bautista telah bekerja sebagai pekerja rumah tangga saat masih berusia 14 tahun[1]. Setelah bertahun-tahun berkecimpung dan mengikuti gerakan pekerja rumah tangga, Marcelina kemudian mendirikan organisasi untuk mendukung dan melatih para pekerja rumah tangga, yaitu The Center for Support and Training of Domestic Workers.

Karier[sunting | sunting sumber]

Bautista berusia 14 tahun saat ia pindah dari Oaxana ke Mexico City untuk bekerja sebagai pekerja rumah tangga. Saat Bautista bekerja sebagai pekerja rumah tangga ia mengalami diskriminasi, dan kekerasan dari majikannya. Pengalaman ini menjadi bekal dalam perjalananya untuk membentuk organisasi Centro de Apoyo y Capacitación para Empleadas del Hogar (CACEH). Organisasi ini bergerak dalam mendukung penyediaan akses pendidikan, dan dukungan kepada pekerja rumah tangga yang ada di sekitar Mexico. Sudah lebih dari dua puluh tahun gerakan aktivisme yang dilakukan oleh Bautista dan organisasi yang didirikannya telah mengedukasi ratusan pekerja rumah tangga perempuan di Mexico untuk tahu dan menuntut hak mereka.[2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Marcelina Bautista, founder of the Center for Support and Training of Domestic Workers in Mexico | WIEGO". www.wiego.org. Diakses tanggal 2024-06-06. 
  2. ^ Rojo, Magdalena. "Inside the fight for Mexico's home workers". FairPlanet (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2024-06-06.