Manfredo II dari Saluzzo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian

Manfredo II (1140-1215) merupakan Markis Saluzzo kedua sejak kematian ayahandanya pada tahun 1175 sampai kematiannya sendiri. Dia adalah putra Manfredo I dan Eleanor. Dia menempatkan ibu kota Markgrafschaft secara definitif di Saluzzo.

Ia menikahi Azalaïs dari Montferrat sebelum tahun 1182, membentuk aliansi dengan salah satu wangsa terkuat di Italia utara.

Manfredo memperluas Markgrafschaft dan bertempur melawan ekspansionisme comte tetangganya di Savoia. Setelah beberapa pertempuran kecil, dua kerajaan itu mulai berdamai pada tahun 1213 dan perdamaian didirikan untuk dua tahun terakhir dalam hidupnya. Sejak putra sulungnya Bonifasius mendahului dia pada tahun 1212, ia digantikan oleh cucunya, Manfredo III, di bawah kabupaten Azalaïs. Dia harus membayar upeti atas nama Manfredo muda, dan untuk abad berikutnya, Saluzzo adalah vasal Savoia.

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Manfredo dan Azalaïs memiliki setidaknya lima orang anak:

  • Agnes, menikah Comita III dari Torres
  • Bonifasius (pewaris, yang meninggal mendahului ayahandanya), menikahi Maria, putri Comita tersebut. Mereka adalah orang tua penerus Manfredo II, Manfredo III dari Saluzzo, menikahi Maria di Torres
  • Margherita, menikah dengan Geoffrey de Salvaing
  • Maria, menikah dengan Markis Guglielmo II dari Ceva
  • Tommaso

Ia juga memiliki seorang anak haram, Bastardino.

Didahului oleh:
Manfredo I
Markis Saluzzo
1175–1215
Diteruskan oleh:
Manfredo III