Makam Karaeng Tonteng Daeng Mattarang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Makam Karaeng Tonteng Daeng Mattarang terletak di Kampung Tanetea, Desa Lembanna, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba. Dari cerita masyarakat setempat diketahui bahwa nama situs ini diambil dari nama seorang pimpinan perang Kerajaan Gowa yang gugur dalam peperangan melawan pasukan Kerajaan Bone, ketika kedua kerajaan tersebut memperebutkan daerah Bulukumba sekitar tahun 1600-1700-an. Situs makam tersebut dipergunakan sekitar abad ke-17 hingga abad ke-18 Masehi.

Tipe bentuk makam[sunting | sunting sumber]

Di dalam kompleks makam tersebut, terdapat sekitar 52 buah makam yang sebagian besar sudah mengalami kerusakan. Umumnya bahan yang digunakan adalah dari tipe batu andesit dan sedimen. Tipe makam dan nisan tersebut adalah:

  1. Makam dengan jirat tipe rumah tradisional, yaitu makam dengan cungkup berbentuk perahu sebanyak dua buah yang terbuat dari balok atau papan batu andesit.
  2. Makam tipe teras berundak, terdiri dari satu hingga tiga undakan yang terbuat dari susunan balok atau papan batu andesit dengan teknik susun timbun sebanyak 24 buah.
  3. Makam tipe peti batu, yaitu makam dengan jirat hanya berupa subasemen dari balok batu andesit.[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Duli, A., dkk. (2013). Monumen Islam di Sulawesi Selatan (PDF). Makassar: Balai Pelestarian Cagar Budaya Makassar. hlm. 157–158. 
  2. ^ Purnamasari, Anggi (2013-10-07). "Daftar Situs Sulawesi Selatan". Balai Pelestarian Cagar Budaya Sulawesi Selatan. Diakses tanggal 2019-12-17.