Majelis Tatar Krimea

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Bangunan Majelis di Simferopol yang kini telah disita oleh pemerintah Rusia[1]

Majelis Tatar Krimea (bahasa Tatar Krimea: Къырымтатар Миллий Меджлиси, Qırımtatar Milliy Meclisi; bahasa Ukraina: Меджлiс Кримськотатарського Народу, Medzhlis Krims'kotatars'koho Narodu; bahasa Rusia: Меджлис крымскотатарского народа, Medzhlis Krimskotatarskogo Naroda) adalah badan perwakilan-eksekutif untuk suku bangsa Tatar Krimea. Majelis ini didirikan pada tahun 1991 untuk menyampaikan keluhan-keluhan suku Tatar Krimea kepada pemerintah pusat Krimea, pemerintahan regional di Krimea, dan badan-badan internasional. Dalam kegiatan-kegiatannya, majelis ini tunduk kepada Qurultay Tatar Krimea. Majelis ini terdiri dari 33 anggota, dan mereka berkumpul di kota Simferopol.

Setelah Rusia mengambilalih wilayah Krimea pada tahun 2014, Majelis Tatar Krimea memboikot referendum Krimea 2014 mengenai "penyatuan kembali dengan Rusia".[2] The Mejlis boycotted the referendum.[3] Kemudian, pada tahun 2016, majelis ini secara resmi dilarang oleh pemerintah Rusia akibat tuduhan "penggunaan propaganda agresi dan kebencian terhadap Rusia, menghasut nasionalisme etnis, dan ekstremisme di masyarakat".[4]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Crimean Leader Says Mejlis Does Not Exist, Radio Free Europe (22 September 2014)
  2. ^ "Putin reveals secrets of Russia's Crimea takeover plot" (dalam bahasa English). BBC. 9 March 2015. Diakses tanggal 3 August 2016. 
  3. ^ Rapoza, Kenneth (16 March 2014). "As Crimea Secession Vote Passes, Ukraine Restricts Entry By Russians". Forbes. Diakses tanggal 16 March 2014. 
  4. ^ Crimean court bans Tatar ruling body in blow to minority, Thestar.com.my (26 April 2016)