Magdalena Sutanto

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Magdalena Sutanto
Informasi pribadi
Nama lengkap Magdalena Sutanto
Tanggal lahir 21 Mei 1987 (umur 32)
Tempat lahir Jakarta, Indonesia
Asal negara Bendera Indonesia Indonesia
Rekor bertanding
Gaya

Magdalena Sutanto (lahir di Jakarta, 21 Mei 1987; umur 32 tahun) adalah seorang perenang Indonesia keturunan Tionghoa. Ia sering menjadi langganan juara dalam kejuaraan nasional dan pernah dianugrahi sebagai perenang terbaik dalam Kejuaraan Nasional 2003. Magdalena Sutanto pernah dipercaya untuk mewakili Indonesia dalam ajang SEA Games XXI 2001 di Malaysia, SEA Games XXII 2003 di Vietnam, dan SEA Games XXIII 2005 di Filipina.

Anak dari Thomas Sutanto (Tan Chiong Ching) dan Faniwati (Tjeuw Sin Fun) ini sudah mulai berlatih sejak berumur 9 tahun. Ia besar dan tumbuh dalam keluarga perenang. Kakaknya, Siripiya Sutanto, menjadi perenang nasional dan adiknya, Margaretha Sutanto juga sudah menunjukkan prestasinya di olahraga air ini.

Siripiya, Magdalena, dan Margaretha Sutanto adalah perenang berprestasi binaan Klub Renang Elfira Swima Gemilang (ESG) Jakarta, klub renang milik Elfira Rosa Nasution. Banyak pengamat memprediksikan bahwa “Tiga Bersaudara” ini prestasinya akan lebih bersinar lagi dan bakal menjadi generasi penerus “Trio Emas Keluarga Nasution”; Elfira Rosa, Elsa Manora, dan Maya Masita Nasution.

Lena, demikian Ia biasa dipanggil, masuk pelatnas saat berusia 14 tahun. Medali emas kejuaraan nasional menjadi langganannya, baik di gaya bebas jarak menengah hingga jarak jauh (400 meter - 1.500 meter). Atas prestasinya, Ia memperoleh kesempatan dari PB PRSI melaui program Indonesia Bangkit (IB) untuk belajar renang dan ilmu pengetahuan formal di Amerika Serikat. Lena menempuh pendidikan di Bolles School di Jacsenfill, Florida, Amerika Serikat.Saat ini Lena sedang mengenyam bangku kuliah di BINUS University, Jakarta

Prestasi[sunting | sunting sumber]

  • PON XVI 2004 di Sumatra Selatan; 6 medali emas, 4 medali perak, dan 2 medali perunggu
  • SEA Games XXIII 2005 di Filipina; 1 medali emas dari nomor 800 meter gaya bebas
  • KRAPSI (Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan Seluruh Indonesia) 2003; 3 medali emas dan 1 medali perunggu.
  • INVINAS 2003, 2 medali emas dan 1 perak (KU I)
  • Rekor Nasional nomor 1.500 meter gaya bebas dengan waktu 17 menit 46,56 detik di PON XVI 2004

Pranala luar[sunting | sunting sumber]