Macross 7

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Macross 7
PembuatShoji Kawamori, Haruhiko Mikimoto, Kazutaka Miyatake
PemeranNobutoshi Hayashi
Tomo Sakurai
Masashi Sugahara
Urara Takano
Takehito Koyasu
Sho Hayami
Eri Takeda
Ryusuke Obayashi
Negara asalJepang
Jmlh. episode49
Produksi
Durasi25 menit per episode
Rilis asli
JaringanBig West,
Mainichi Broadcasting,
Hero,
Ashi Production
Rilis16 Oktober 1994 –
24 September 1995

Macross 7 (マクロス7) adalah serial anime sepanjang 49 episode yang banyak menyuguhkan adegan perang antariksa, musik, dan kisah cinta. Serial ini merupakan sekuel dari serial tv Macross. Berbeda dengan serial aslinya yang cenderung merupakan kisah drama romantika, Macross 7 lebih menekankan pada unsur musik dan hiburan. Walaupun banyak kritik dari para penggemar karena cerita Macross 7 yang berbeda dengan serial Macross lainnya, tetapi pada kenyataannya Macross 7 cukup sukses di pasar, sehingga produsennya memutuskan untuk merilis versi OVA dan Movie.

Resensi cerita[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 2045, Manusia Bumi telah meluncurkan berbagai misi perjalanan luar angkasa untuk mencari planet baru dan bentuk kehidupan baru. Salah satu misi tersebut adalah The 37th Long Range Emigration Fleet, sebuah misi perjalanan ke pusat galaksi untuk menemukan planet baru yang bisa dihuni oleh manusia. Macross 7 adalah nama dari salah satu armada pesawat luar angkasa dalam misi tersebut. Macross 7 sendiri adalah sebuah pesawat raksasa yang terdiri dari dua bagian, yaitu Battle 7 yang merupakan kapal induk dengan berbagai macam persenjataan untuk memepertahankan diri dari keadaan darurat, dan City 7, yang merupakan sebuah kota koloni ruang angkasa, karena di dalamnya terdapat sebuah kota besar lengkap dengan penduduk dan berbagai macam isi lainnya.

Di dalam koloni Macross 7 itu, tersebutlah sebuah grup musik rock yang terdiri sekelompok anak muda. Grup musik tersebut bernama Fire Bomber yang terdiri dari Basara Nekki sebagai gitaris sekaligus vokalis utama, Mylene Jenius sebagai pemain bass dan vokalis kedua, Veffidas Feaze sebagai penggebuk drum, dan Ray Lovelock di keyboard dan synthesizer. Sepanjang perjalanannya, Macross 7 sering kali mengalami hambatan dan serangan dari kaum alien Varauta dan Protodeviln yang menginginkan untuk mengambil spiritia dari manusia. Untuk mengatasi hal tersebut, Maximilian Jenius, kapten kapal Battle 7, dan Milia Fallyna Jenius, wali kota City 7, membentuk pasukan khusus Sound Force untuk menghadapi serangan Protodeviln. Sound Force terdiri dari empat pesawat yang dilengkapi peralatan sound booster khusus untuk melawan kaum Protodeviln. Basara dan Fire Bomber terpilih menjadi awak Sound Force tersebut karena mereka terbukti mampu memaksimalkan fungsi sound booster dibanding kandidat yang lainnya.

Saga[sunting | sunting sumber]

Serial Macross telah diproduksi dalam beberapa judul anime, yaitu:

Story Timeline Judul Tahun Produksi
1999-2012 The Super Dimension Fortress Macross 1982-1983
2008 Macross Zero 2002-2004
2012 The Super Dimension Fortress Macross: Flash Back 2012 1987
1999-2012 The Super Dimension Fortress Macross: Do You Remember Love? 1984
2040 Macross Plus 1994-1995
2045-46 Macross 7 1994-1996
2047 Macross Dynamite 7 1997
Dunia Alternatif / Paralel The Super Dimension Fortress Macross II: Lovers, Again 1992

Pranala luar[sunting | sunting sumber]