Macharon

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Macharon
Azra in 2018
Azra in 2018
Informasi latar belakang
Nama lahirMuhammad Azra
Lahir28 Mei 1999 (umur 24)
Jakarta, Indonesia
GenrePop, Folk, Indie Pop, Poppunk, Metalcore
Tahun aktif2019–present

Muhammad Azra (lahir di Jakarta, 28 Mei 1999; umur 20 tahun) adalah penyanyi dan penulis lagu asal Indonesia. Ia adalah vokalis grup musik Pert. (grup musik) namun juga merilis musik solo dengan moniker Macharon. Azra besar di daerah Jakarta, Bogor, Cibinong, dan Bandung. Anak pertama dari dua bersaudara bernama Agam. Azra hidup di lingkungan dimana banyak dari keluarganya bekerja di sektor perminyakan, namun sejak kecil Azra sudah terlihat memiliki bakat seni ia suka menggambar, bermain gitar, dll.

Karier[sunting | sunting sumber]

Azra mendirikan grup musik poppunk Pert.[1] pada tahun 2019 bersama tiga rekan lainnya.[2] Pada awal tahun 2020, ia tampil sebagai penyanyi solo dengan nama Macharon dengan merilis lagu "Halcyon" untuk singl pertama, single kedua berjudul "Lostman", kemudian ia menerbitkan mini album pertama yang disebut "Memos" (Album yang dibuat hanya menggunakan handphone yang dimilikinya). Dan pada 8 Agustus 2020, ia membuat single baru yang berjudul Get Out Of This Sh*t and Movie.[3][4]

Azra performing in Jan 2020

Di Pert. mereka punya banyak lagu tapi masih belum direkam, karena merebaknya virus corona, yang membutuhkan karantina di rumah. Pert. mendapatkan panggung pertama di Dago Tea House, Bandung bersama Baskara Putra (Hindia), Pamungkas, Elephant Kind, dll mereka hanya tampil sebagai band audisi.

Pada hari itu mereka datang terlambat ke acara tersebut, karena terjadi kemacetan lalu lintas di Bandung. Kemudian sesampainya disana mereka hampir tidak manggung, namun setelah berkompromi akhirnya Pert. mendapatkan panggung pertama mereka. Mereka membawakan 5 lagu, 2 di antaranya adalah lagu mereka sendiri yang berjudul Just Friends, dan Bastard Day.

Tapi setelah pandemi berakhir, mereka berencana untuk merekam lagu mereka, dan rencana kedepannya akan merilis EP. Terus bicara tentang Macharon, single terbaru berjudul Movie ini bercerita tentang kehidupan layaknya film, karena di dalam hidup ada kebahagiaan, ada kesedihan seperti akan banyak masalah yang akan datang. Pada bagian chorus, Azra menggunakan dua karakter film tahun 50-an, James Dean dan Audrey Herpburn, Azra juga terinspirasi dari lagu Sleeping With Sirens."

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Azra checksound in Jan 2020

Ia kuliah di DKV (desain grafis) Fakultas Industri Kreatif Telkom University. Azra lahir di Jakarta 28 Mei 1999, kemudian dibesarkan di rumah neneknya di Bogor dan untuk saat ini Azra tinggal di Cibinong. Azra adalah anak yang pemalu saat kecil, dan ketika masih SD ia hanya berbicara dan bercanda dengan teman lelaki, dan mengobrol sedikit dengan teman wanitanya. Waktu SD dia sangat cengeng, setiap hari dia menangis, waktu SMP dia semakin percaya diri, saat kelas 2 SMP dia membentuk band bernama Optisimus bersama teman-teman kelasnya, dan saat SMA Azra menjadi anak yang sangat percaya diri, dan saat di SMA ia berubah menjadi seorang yang eksentrik, tidak bisa diam, dan melakukan hal-hal yang menyenangkan bersama teman-temannya, di dunia musik saat ia duduk di bangku SMA ia hanya membuat lagu-lagu Iseng, genre apa saja, seperti Poppunk, Hiphop, dll. Kemudian saat Azra kuliah, tepatnya di Fakultas Industri Kreatif Telkom University, dia membuat band bernama Petty Party, genre Poppunk tapi tidak lama kemudian namanya harus diganti karena ada sebuah band asal USA menggunakan nama Petty Party, dan mengancam akan memenjarakan Azra. Kemudian nama kedua yang dipilih adalah Drown At Marmara, namun Azra dan yang lainnya menggantinya dengan Pert. yang berarti anak yang durhaka dan menggunakan titik di akhir kata pert untuk berhenti menjadi anak yang durhaka.

Kemudian ketika awal pandemi Azra membuat lagu untuk solonya yang berjudul Halcyon dan dia menggunakan nama Macharon sebagai nama panggungnya.[5] dan saat karantina di rumah, dia membuat banyak lagu untuk Macharon, seperti single kedua Lostman yang menceritakan kisah sedih dirinya sendiri, lalu ada lagu ketiga One Day At A Time yang menceritakan bahwa meskipun kita sedih karena orang yang kita cintai tertinggal, kita harus terus berjalan dan jangan berhenti atau menyerah dengan keadaan, lalu ada lagu keempat berjudul Let You Go, lagu ini menceritakan tentang melepaskan kekasih yang sudah tidak mencintai kita lagi, padahal kita masih mencintainya, dan di lagu terakhir yang berjudul Petty Party, bercerita singkat tentang nama band yang pernah dia buat. Akhirnya dia mengeluarkan EP lima lagu berjudul Memos, dia menggunakan nama Memos karena semua lagu yang dia buat dibuat melalui ponselnya, dan menuangkan idenya pada memo di handphonenya.

Usai merilis EP tersebut, Azra terus merilis dua single pertama [1]Get Out Of This Sh*t yang menceritakan tentang seseorang yang harus keluar dari zona yang membuatnya sedih, takut, dll. Dan dilanjutkan dengan rilis lagu Movie, yang bercerita tentang kehidupan layaknya film, akan banyak masalah, sedih, bahagia. Reality, lagu yang akan keluar dibulan Oktober mendatang.

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Single

Judul Tahun Posisi tertinggi Album
IDN
Halcyon 2020 Memos
Get Out Of This Sh*t 2020 Single
Movie 2020 Single
Reality (16 Oktober 2020) 2020 Single

Memos Album[sunting | sunting sumber]

Judul Tahun Posisi tertinggi Album
IDN
Halcyon 2020 Memos
Lostman 2020 Memos
One Day At A Time 2020 Memos
Let You Go 2020 Memos
Petty Party 2020 Memos
  1. ^ "Link Instagram Pert". Instagram. 11 April 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  2. ^ "Link Instagram Pert". Instagram. 11 April 2020. Diakses tanggal 11 April 2020. 
  3. ^ Andrews, Jennifer (Sep 11, 2020). "Movie on Spotify". Spotify.com. Diakses tanggal 11 September 2020. 
  4. ^ Andrews, Jennifer (Sep 11, 2020). "Get out of this shit on spotify". Spotify.com. Diakses tanggal 31 August 2020. 
  5. ^ Akbar (11 April 2020). "Macharon - Halcyon on youtube". Pop Hari Ini. Diakses tanggal 11 April 2020.