MacGyver (seri televisi 2016)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
MacGyver
MacGyver Season 2 Title Card.png
Kartu judul dimulai dengan musim kedua
GenreAksi-petualangan
Didasarkan dariMacGyver
oleh Lee David Zlotoff
PengembangPeter M. Lenkov
Pemeran
Penggubah laguRandy Edelman
KomposerKeith Power
Negara asalAmerika Serikat
Bahasa asliInggris
No. musim5
No. episode94
Produksi
Produser eksekutif
Produser
  • P. Todd Coe
  • Peter M. Tassler
  • Lucas Till
Lokasi produksi
Sinematografi
  • Gabriel Beristain
  • James L. Carter
  • Peter Levy
  • Michael Martinez
  • Darren Genet
  • Christopher Duddy
  • Matthew Moriarty
EditorMark Manos
Durasi43 menit
Rumah produksi
DistributorCBS Media Ventures
Rilis
Jaringan penyiarCBS
Format gambarHDTV 1080i
Format audioDolby Digital 5.1
Tanggal tayang asli23 September 2016 (2016-9-23) –
30 April 2021 (2021-4-30)
Kronologi
Acara terkaitMacGyver (1985)
Pranala luar
Situs web

MacGyver adalah seri televisi aksi-petualangan Amerika Serikat yang dikembangkan oleh Peter M. Lenkov dan dibintangi oleh Lucas Till sebagai Angus "Mac" MacGyver, seorang agen pemerintah yang menyamar yang lebih memilih untuk memerangi kejahatan dengan prestasi teknik yang cerdik daripada kekuatan yang mematikan. Ini adalah reboot dari seri ABC dengan nama yang sama yang dibuat oleh Lee David Zlotoff, yang ditayangkan dari 1985 hingga 1992. Serial ini ditayangkan perdana pada 23 September 2016, di CBS,[1] dan mengakhiri musim keempat pada 8 Mei 2020.[2] Pada Mei 2020, CBS memperbarui seri untuk musim kelima yang ditayangkan perdana pada 4 Desember 2020.[3][4]

Premis[sunting | sunting sumber]

Angus "Mac" MacGyver adalah seorang agen rahasia dari organisasi pemerintah A.S. (berjubah sebagai think tank) di mana dia menggunakan bakatnya yang luar biasa untuk memecahkan masalah dan pengetahuannya yang luas tentang sains untuk menyelamatkan nyawa.[5] "Dengan keterampilan yang hanya dibatasi oleh kreativitasnya, Mac menyelamatkan hari dengan menggunakan penjepit kertas, bukan pistol, lilin ulang tahun sebagai pengganti bom, dan permen karet sebagai pengganti senjata."[6]

Episode tersebut sering menggunakan narasi orang kedua dalam bentuk sulih suara yang disediakan oleh Lucas Till sebagai Angus MacGyver. Komentar biasanya memberikan instruksi atau "trik perdagangan", seolah-olah untuk pelatihan atau film orientasi.

Pemeran[sunting | sunting sumber]

Utama[sunting | sunting sumber]

  • Lucas Till sebagai Angus "Mac" MacGyver: Seorang agen AS yang sangat cerdas dan sangat banyak akal yang bekerja untuk Phoenix Foundation, sebuah agen rahasia yang beroperasi dengan kedok sebuah lembaga pemikir. Terlatih sebagai teknisi EOD untuk Angkatan Darat, Mac lebih suka menggunakan cara tidak mematikan untuk menghentikan musuh-musuhnya; dia tidak pernah tanpa pisau Swiss Army yang tepercaya dan memiliki kemampuan luar biasa untuk menggunakan apa pun di lingkungannya demi keuntungannya. Pada akhir Musim 2, Mac meninggalkan Phoenix karena kurangnya kepercayaan pada kepemimpinannya, tetapi akhirnya kembali ketika dia menyadari betapa keahliannya dibutuhkan.
  • Tristin Mays sebagai Riley Davis: Seorang peretas sarkastik yang tangguh yang dipekerjakan oleh Phoenix Foundation sebagai spesialis dunia maya mereka. Riley awalnya di penjara karena mencoba meretas NSA untuk menyelamatkan ibunya dari kelompok peretas tertutup. Dia memiliki hubungan yang tegang dengan Jack karena Jack menghilang dari dia dan kehidupan ibunya setelah pertengkaran dengan ayahnya yang kasar, tetapi sekarang memandang Jack sebagai sosok ayah.Episode tersebut* George Eads sebagai Jack Dalton (season 1–3; guest season 5): partner Mac di lapangan dan mantan operator Delta Force. Sejarah Jack dengan Mac kembali ke hari-harinya di Angkatan Darat dan tidak seperti Mac, dia tidak takut menggunakan senjata di lapangan. Dia juga memiliki sejarah dengan Riley, karena dia pernah menjalin hubungan dengan ibunya dan bertengkar dengan ayahnya yang pemarah. Meskipun kebanyakan santai dan santai, Jack bisa menjadi serius ketika situasi menuntutnya dan sering meminta pelatihan operasi khususnya untuk membantu tim keluar dari posisi sulit. Di akhir "Ayah + Mempelai + Pengkhianatan", Jack meninggalkan Phoenix untuk melacak teroris yang diduga telah terbunuh beberapa tahun sebelumnya. Di "Jack + Kinematics + Safe Cracker + MgKNO3 + GTO" di musim 5, terungkap bahwa Jack telah terbunuh dalam aksi saat mencoba menangkap teroris Tiberius Kovac.
  • George Eads sebagai Jack Dalton (musim 1-3; tamu musim 5): Direktur Awal Operasi Lapangan di Phoenix Foundation dan, dengan kata lain Mac, operasi klandestin paling sukses dalam sejarah A.S. Berdasarkan buku dan sebagian besar waktu yang serius, Thornton secara teratur menugaskan tim misi mereka. Dalam episode 12, "Screwdriver", dia ditemukan sebagai tahi lalat yang bekerja untuk Organisasi dan ditangkap.
  • Sandrine Holt sebagai Patricia Thornton (musim 1): Direktur Awal Operasi Lapangan di Phoenix Foundation dan, dengan kata lain Mac, operasi klandestin paling sukses dalam sejarah A.S. Berdasarkan buku dan sebagian besar waktu yang serius, Thornton secara teratur menugaskan tim misi mereka. Dalam episode ke-12, "Obeng", dia ditemukan sebagai tahi lalat yang bekerja untuk Organisasi dan ditangkap.
  • Justin Hires sebagai Wilt Bozer: Sahabat Mac yang dia kenal sejak kecil. Dia awalnya adalah seorang sutradara film berjuang yang memiliki beberapa bakat artistik. Kemampuannya untuk membuat topeng seperti aslinya dan prostetik wajah membuatnya dipekerjakan di Phoenix Foundation. Bozer adalah sumber kelucuan dan sering membantu Riley dengan imbalan mendapatkan digit nomor teleponnya. Ketika Bozer berlatih untuk menjadi agen di Pusat Pelatihan Operatif, dia jatuh cinta pada rekan rekrutan Leanne Martin.
  • Meredith Eaton sebagai Matilda "Matty" Webber (season 1-sekarang): Pengganti Thornton sebagai Direktur Operasi di Phoenix Foundation dan mantan bos Jack dari CIA. Ini terungkap dalam "Scavengers + Hard Drive + Dragonfly" di musim 3 bahwa dia sudah menikah, tetapi belum mengenakan cincin kawin sejak suaminya melakukan tugas penyamaran yang mendalam.
  • Isabel Lucas sebagai Samantha Cage (musim 2), petugas CIA dan mantan SASR 4th Squadron. Setelah dia keluar dari CIA karena tindakannya yang tidak berizin di pemutaran perdana musim kedua, Matty merekrutnya ke Phoenix Foundation. Dalam episode "Bullet + Pen", dia disergap dan ditembak oleh pembunuh Murdoc di apartemennya, tapi bertahan, dan kembali ke rumahnya di Australia untuk pulih.
  • Levy Tran sebagai Desiree "Desi" Nguyen (musim 4–sekarang; berulang musim 3), Desi adalah rekrutan baru untuk Phoenix Foundation yang mengambil alih Jack setelah dia pergi. Meskipun dia melakukan hal-hal yang berbeda dari Jack, dia tampaknya sama efektifnya. Dia ahli dalam enam seni bela diri. Penayangan perdana musim keempat mengungkapkan bahwa Desi dan Mac memiliki hubungan romantis singkat yang berakhir buruk.
  • Henry Ian Cusick sebagai Russell "Russ / Rusty" Taylor (musim 4-sekarang), mantan agen MI6 yang menjadi kontraktor militer swasta digambarkan sebagai master manipulator dan salesman, Russ ahli dalam propaganda dan deteksi kebohongan, dan membanggakan kecerdasan emosional. Dia juga sangat kaya, dan dengan demikian terbiasa mendapatkan apa yang diinginkannya dan menikmati rampasan perang (termasuk pakaian mahal, mobil cepat, jet pribadi, dan sebuah rumah di Monte Carlo).[7] Peristiwa musim keempat menggambarkan Russ terobsesi untuk menghancurkan CODEX, dengan dia kemudian mengungkapkan bahwa CODEX membunuh banyak anggota timnya setelah dia menolak untuk bergabung dalam misi mereka.

Berulang[sunting | sunting sumber]

  • Tracy Spiridakos sebagai Nikki Carpenter (musim 1), seorang agen rahasia CIA yang sebelumnya bekerja sebagai hacker DXS sampai dia memalsukan kematiannya sendiri. Dia juga mantan pacar Mac.
  • Amy Acker sebagai Sarah Adler (musim 1), seorang agen CIA dan mantan pacar Jack.
  • David Dastmalchian sebagai Murdoc (musim 1–3 dan 5), seorang pembunuh yang brilian, juga dikenal sebagai Tersangka 218, dan sering menjadi lawan Mac. Dia pada awalnya dianggap telah dikirim oleh Nikki, tetapi kemudian diturunkan telah dikirim oleh Thornton.
  • Aina Dumlao sebagai Andie Lee (musim 1–2): Andie Lee adalah asisten pribadi Patricia Thornton (Sandrine Holt), Direktur Operasi Lapangan untuk DXS dan Phoenix Foundation selama paruh pertama musim. Dia hadir ketika karier Thornton yang sukses dan penghormatan tertinggi di jajaran pemerintahan tiba-tiba berakhir ketika dia diturunkan menjadi tahi lalat yang dikenal sebagai 'Chrysalis' dan ditangkap karena pengkhianatan di episode 1×12 (Screwdriver). Thornton kemudian digantikan oleh Matty Webber (Meredith Eaton) yang terus dikerjakan Andie hingga awal musim kedua.
  • Kate Bond sebagai Jill Morgan: Ahli forensik di Phoenix Foundation. Anggota tim kadang-kadang meminta bantuannya dalam misi pribadi. Dia terlihat memimpin satuan tugas untuk membantu menangkap Murdoc di pemutaran perdana musim ketiga. Murdoc membunuhnya di akhir episode.
  • Lauren Vélez sebagai Cassandra Glover (musim 2), koordinator Pusat Pelatihan Operatif.
  • Memerintah Edwards sebagai Leanna Martin (musim 2–3), rekrutan di Pusat Pelatihan Operatif, Bozer bertemu dan berteman baik dengan Leanna, yang kemudian mengarah ke hubungan romantis yang mereka coba rahasiakan. Di final season 2, Leanna dipekerjakan oleh Phoenix Foundation. Dalam episode "Diamond + Quake + Carbon + Comms + Tower" di musim 5, terungkap bahwa dia terbunuh dalam misi enam bulan sebelumnya, sebuah fakta yang disembunyikan Russ dari Bozer.
  • William Baldwin sebagai Elwood Davis (musim 2–3), ayah Riley yang terasing.
  • Lance Gross sebagai Billy Colton (musim 1–3), anggota keluarga pemburu hadiah Colton yang menjadi minat cinta Riley.
  • Sheryl Lee Ralph sebagai Mama Colton (musim 1–3), ibu Billy dan kepala keluarga pemburu hadiah Colton.
  • Emerson Brooks sebagai Charlie Robinson (musim 1-3), teman lama Mac yang sekarang menjadi spesialis penjinak bom.
  • Tate Donovan sebagai James MacGyver / "Oversight" (musim 2–4), ayah Mac yang menghilang secara misterius dari hidupnya.
  • Sibongile Mlambo sebagai Nasha (musim 3), pacar Nigeria Mac yang dia temui setelah meninggalkan Phoenix Foundation sebentar.
  • Brendan Hines sebagai Ethan Raines (musim 3), suami Matty yang menyamar selama delapan tahun tak lama setelah pernikahan mereka. Terungkap di season 3 bahwa, untuk menjaga kedoknya, Ethan menikahi wanita lain dan memiliki anak kecil bersamanya.
  • Peter Weller sebagai Elliot Mason (musim 3–sekarang), mantan perwira operasi khusus militer dan mantan agen FBI yang menyimpan dendam terhadap James MacGyver
  • Leonardo Nam sebagai Aubrey (musim 4), minat cinta singkat Riley.
  • Amber Skye Noyes sebagai Scarlett (musim 4), seorang prajurit CODEX.[8][9]
  • Jeri Ryan sebagai Gwendolyn "Gwen" Hayes (musim 4), bibi MacGyver (saudara perempuan ibunya); seorang mantan agen DXS yang dianggap tewas, tetapi sekarang menjadi pejabat tinggi di CODEX.[10]
  • Alexandra Grey sebagai Parker (musim 5), engineer terbaru di Phoenix Foundation.

Tamu terkemuka[sunting | sunting sumber]

  • Daniel Dae Kim sebagai letnan Chin Ho Kelly: Karakter crossover dari Hawaii Five-0. Seorang anggota dari Five-0 Task Force
  • Grace Park sebagai petugas Kono Kalakaua: Karakter crossover dari Hawaii Five-0. Seorang anggota dari Five-0 Task Force
  • Taylor Wily as Kamekona Tupuola: Karakter crossover dari Hawaii Five-0. Seorang pengusaha dan informan rahasia untuk Five-0 Task Force
  • Michael Des Barres as Nicholas Helman, pembunuh bayaran yang juga mentor Murdoc. (Des Barres memainkan Murdoc dalam seri MacGyver asli.)
  • Sarah Sokolovic sebagai Amber, Mantan istri Murdoc dan ibu dari putra mereka, Cassian
  • Sean Cameron Michael sebagai The Ghost Bomber
  • Presilah Nunez sebagai agen ATF Maria Ramirez, teman MacGyver dari masa mereka di Angkatan Darat dan pawang ATF K-9 Cody.
  • Brian "Q" Quinn
  • James "Murr" Murray
  • Salvatore "Sal" Vulcano
  • Joseph "Joe" Gatto
  • Scottie Thompson sebagai Ellen, almarhum ibu Angus yang muncul dalam urutan mimpi dan kilas balik
  • John Ales sebagai Nikola Tesla
  • Mark Boyd sebagai Alexander Graham Bell
  • Tom Thon sebagai Thomas Edison
  • Cuyle Carvin sebagai agen DXS Charles
  • Sean Blakemore sebagai presiden Danny Linson
  • Tobin Bell sebagai Leland[11]
  • Jorge Garcia sebagai Jerry Ortega, Karakter crossover dari Hawaii Five-0. Seorang mantan anggota Five-0 Task Force[12]
  • Bojana Novakovic sebagai Anya Vitez

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]