Małopolska

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Małopolska.

Małopolska (Latin: Polonia Minor, Indonesia: "Polandia Kecil") adalah salah satu wilayah historis (dzielnica) di Polandia; ibu kotanya terletak di kota Kraków.

Wilayah Małopolska tidak sama dengan Provinsi Polandia Kecil pada masa modern yang hanya mencakup bagian barat daya Małopolska.[1] Dalam sejarahnya, wilayah Małopolska lebih besar dari provinsi tersebut dan terbentang dari Bielsko-Biała di barat daya hingga Siedlce di timur laut.[2] Luas wilayah Małopolska hampir mencapai 60.000 km2 dan dihuni oleh sekitar 9.000.000 jiwa. Topografinya berbukit-bukit dan di sebelah selatan terdapat Pegunungan Carpathia. Wilayah ini terletak di cekungan Vistula hulu. Dalam sejarahnya, Małopolska dikenal akan golongan aristokrat (magnateria) dan bangsawannya (szlachta) yang kuat.[3]

Dalam artian yang lebih luas, wilayah Małopolska dari abad ke-14 juga mencakup wilayah Rutenia Merah, dan dari abad ke-16 termasuk wilayah Podlachia, Podolia, dan sebagian wilayah Ukraina modern.

Catatan kaki[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "About Kraków". Heme Oxygenases 2007 Conference. Jagiellonian University. Diarsipkan dari versi asli tanggal 15 July 2007. Diakses tanggal 14 August 2007. 
  2. ^ "Malopolska (Little Poland)". University at Buffalo, SUNY. Diakses tanggal 19 April 2011. 
  3. ^ Wieland, Christian; Leonhard, Jörn (18 May 2011). "What Makes the Nobility Noble?: Comparative Perspectives from the Sixteenth to the Twentieth Century". Vandenhoeck & Ruprecht. Diakses tanggal 5 March 2017 – via Google Books. 

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]