MR.DIY

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

MR.DIY adalah sebuah perusahaan pengeceran peralatan rumah dan aksesoris yang berbasis di Malaysia. Perusahaan tersebut juga mengoperasikan toko MR DIY, MR TOY, MR DOLLAR dan DIY Express. Perusahaan menjual produk setidaknya sepuluh kategori, yakni perangkat keras, peralatan rumah tangga, elektrik, perabotan, aksesori mobil, alat tulis dan olahraga, mainan, kado, aksesori komputer atau ponsel, serta perhiasan dan kosmetik. MR.DIY menawarkan rata-rata 18.000 variasi produk dengan harga cenderung murah.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Gerai pertama dari usaha tersebut pertama kali buka di Jalan Tuanku Abdul Rahman di Kuala Lumpur pada 2005. Toko tersebut masih buka sampai hari ini. Adapun sosok yang cukup terkenal di balik perusahaan MR DIY Group adalah kakak beradik Tan Yu Yeh dan Yu Wei yang masuk dalam daftar orang terkaya di dunia.Perusahaan kemudian mengalami pertumbuhan pesat sejak 2010 dan terus berkembang usai membuka toko di mal. Sejak 2010, usaha tersebut berkembang menjadi perusahaan yang menjalin kemitraan dengan pengecer besar seperti Tesco, Giant dan Aeon.

Perkembangan[sunting | sunting sumber]

Perusahaan tersebut mengoperasikan 894 toko di Malaysia dan enam toko di Brunei. Perusahaan tersebut telah memiliki lebih dari 2.000 toko di seluruh Asia, seperti Singapura, Thailand, Brunei, Indonesia, Filipina, dan Kamboja. Gerai tersebut biasanya memiliki ukuran toko sekitar 1.000 meter persegi untuk memberikan kenyamanan pengunjung dan menjual sekitar 18.000 jenis produk.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]